image1 image2 image3 image4 image5

HELLO I'M HAFIAN KAMAL|WELCOME TO MY BLOG|ALL ABOUT TRAVELING|STORY|REVIEW|AND MANY MORE| OJO LALI SHARE YO

Telkom University tuh Akreditasi A bener gak sih ?

Cr : smb.telkomuniversity.ac.id
Hello world, gila udah berapa lama gw gak ngepost ya. Busettt hamper 4 bulanan ada kali. Gimana lebaran kemaren guys ? pertanyaan legend apa aja yg muncul waktu lu dikasih angpao ?

Udah Nikah ?

Kapan Lulus ?

Kapan naruto collab sama young lex ?

Wahh, kuliah di Telkom ya ? Pasti enak kalau udah lulus langsung kerja di telkom..

Sederet pertanyaan yang kadang bikin gw pengen ketemu son goku buat ngancurin bumi. Oh ya, kali ini gw bakal bahas tentang keanehan gw terhadap kampus gw “tercinta”. Ya kalau gak “tercinta” ntar kagak lulus lulus gw. Gini gini gini, gw greget banget pengen nulis tentang beginian. Why ? Karena gw jujur aja radak sedikit gak terima sih dan kurang srek kalau Telkom University dapet akreditasi A. Ya banyak faktor kenapa gw ngomong begitu. Woke woke langsung aja bakal gw bahas kegregetan gw.

Universitas Telkom, yang biasa kita kenal Telkom University. Ntah kenapa ini universitas lebih bangga pake istilah bahasa inggris ketimbang bahasa Indonesia. Padahal gw sendiri lebih bangga kalau nyebutnya Universitas Telkom #mantanITTELKOM. Di BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) lu searching Telkom University sampai mampus juga gak ada, yang ada Universitas Telkom.
Cr: sapto.banpt.or.id

Sebelumnya gw jelasin dulu tentang akreditasi. Di BAN PT sendiri ada 2 jenis akreditasi #CMIIW. Ada akreditasi institusi, ada akreditasi jurusan. Akreditasi institusi tuh akreditasi secara keseluruhan untuk satu universitas. Kalau akreditasi jurusan yaa untuk setiap jurusan yang ada di universitas.

Oke lanjut, Universitas Telkom dapat Akreditasi A tahun 2017 #CMIIW. Hmmm, sejenak gw kaget. TERCENGANG, TERMENGU, TANDA TANYA. Yaa gimana kagak kaget, baru tahun 2013 ITTelkom (teknik), IM Telkom(ekonomi), Poltek(D3), sama STISI(seni) semuanya fusion jadi Telkom University, tiba tiba 2017 udah dapet akreditasi A. Memang gw bersyukur atas hal itu, ceilahh. Cuman kok gw kurang kurang srek ya. Karena setau gw, universitas yang dapet akreditasi A itu cuman sedikit di Indonesia dan buat dapetin akreditasi A itu emang gak gampang. Hmmm.. Akhirnya gw memulai investigasi kecil kecilan.

Gw awali dari membuka situs resmi dari BAN PT. Gw searching di kolom universitas, gw ketik Telkom University, eh lupa namanya kan Universitas Telkom.

Cr: banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi

Okey, bisa diliat ? jangan liat ke arah raisa mulu, dah mau kawin dia. Diliat dari hasil screenshoot an gw (per 5 Juli 2017), kebanyakan yg meraih akreditasi A dari jurusan Teknik sama Poltek(D3). Yap emang gw akuin Teknik di Telkom dabest punya #menolaklupaITTELKOM. 9 jurusan yang udah dapet akreditasi A dari jurusan Teknik(S1) sama (D3), 1 jurusan MBTI. 4 jurusan dengan akreditasi B sisanya didominasi sama jurusan teknik(S1) dan (D3) lainnya. Dengan perbandingan Jurusan Akreditasi A & B adalah 9 : 4, jelassss kalau telkom university dapet akreditasi A. gilaa keren juga ya ni kampus gak ada jurusan yg akreditasinya C, gokil. 

Cr : malesbanget.com

Hmmm…. Tunggu dulu… kok ada yang aneh, kemana jurusan Perhotelan ? kok gak ada ? kemana jurusan D4 Sistem Multimedia ? oh mungkin karena prodi baru kali ya, belum dimasukin ke BAN PT kali. Tapi bukannya prodi baru itu akreditasinya C ya ? #CMIIW. Hmmm… woke woke. Ehh tunggu dulu. Ada yang nyadar gak kemana semua jurusan di Fakultas Industri Kreatif (FIK) ? kok gak ada satupun di BAN PT ? Kok DKV, Kriya Tekstil, dll kok gak ada sih ? Apakah meraka hilang bersama kenangan ? hmm hayo kita telusuri.

Gw menuju ke http://telkomuniversity.ac.id/id/akreditasi-ban-pt buat menulusuri akreditasi jurusan – jurusan yang ada di FIK. Dan… jeng jeng jeng….

Cr : telkomuniversity.ac.id/images/uploads/SERTIFIKAT_S1_DKV.pdf

Hmmmm… GW TERCENGANG… Gile akreditasinya ternyata masih Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI). Itu gw liat gak cuman DKV aja, tapi semua jurusan di FIK masih embel embel STISI. So old man.. Gile itu purba amat akreditasinya. Asli gw shock. Dan ketulis disitu “20 juli 2013 sampai dengan 20 juli 2018”. Gileee, sekian hari dari 2013 sampe 2017 apa gak ngelakuin reakreditasi ya ? bukannya bisa ya ? #CMIIW. Oh, mungkin di akhir 2017 ntar kali atau di awal 2018. Mungkin aja. Apa gara – gara gak pede kalau belum siap reakreditasi,  ntar malah bisa aja turun akreditasi jurusannya ? atau masalah duit ? yaelahhh kalau duit sans lah ya. Masak uang biaya waktu tahun ajaran baru kurang ? kan udah dihemat di gedung kuliah umum teknik gak pake AC, ya kali kurang duitnya bosqu.

Atau emang sengaja gak di reakreditasi supaya Telkom University bisa dapet akreditasi A secara Institusi ? Kan jurusan teknik banyak yg A tuh, ditambah FIT(Fakultas Ilmu Terapan) D3 udah lumayan. Tambah jurusan MBTI. Jadi 9 jurusan yang terakreditasi A dan 4 jurusan terakreditasi B. Kalau kondisi kayak gitu jelas bakal dapet Akreditasi A secara institusi. Gw misalkan nih, kan jurusan di FIK gak ada yang masuk tuh di BAN PT. Gw andaikan masuk, jadi

9 Jurusan akreditasi A

4 jurusan akreditasi B + 5 Jurusan dari FIK akreditasi B

Jadi total ada 9 jurusan dengan akreditasi A, dan 9 jurusan dengan akreditasi B. Nah coba klo kayak gitu, masih tetep dapet akreditasi A gak ? itupun gw andaikan kalau semua jurusan di FIK dapet akreditasi B klo ada yg C gimana ? Itu juga belum ditambah jurusan jurusan yang baru. Apa telkom university main aman supaya bisa dapet akreditasi A cepet dengan menunda reakreditasi jurusan di FIK ?
Cr : giphy.com

Ya emang sih gw akuin, akreditasi gak diliat cuman dari jurusannya aja. Bisa diliat dari sdm dosennya, dari fasilitas, dan macem macem faktor. Cumannnn… yang gw bikin belum sreg, itu anak anak dari jurusan FIK kalau lulus ijazahnya ap aan yak ? masih STISI kah? Yang diakuin jurusannya sama BAN PT kan yang STISI dan belum jadi Telkom University. La terus gimana dong ? ada yang tau ? comment yaa.

So, akhirnya terjawab sudah kegalauan gw, rasa penasaran gw, terhadap kampus gw ini. Ya gpp sih kalau ngebet Akreditasi A supaya bisa nyaingi kampus lain. Toh bagus juga buat kerja ntar. Cuman saran gw buat elu elu pada yang pengen masuk Universitas mana punnn, tolong banget bro jangan mager buat searching di mbah google masalah jurusan yang lu pilih di universitas tersebut. Misalkan lu pilih jurusan Teknik Sipil di univ Sukonto Legowo. Kampusnya emang akreditasi A cuman jurusannya akreditasi C hmm yaaa lebih baik cari yg laen aja. Univ bagus belum tentu jurusannya bagus. Sekelas ITB aja ada juga jurusannya yang akreditasi C. Gak percaya ? Cek aja di BAN PT https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi

Gw sih berharap nantinya gak cuman jurusan teknik telkom university doang yang bagus. Mau seni kek, mau bisnis kek, mau kedokteran nya kek *eh jadi gak sih ada kedokteran ? semuanya dah pokoknya.

Wokee, akhirnya selesai juga gw ngetik. Ngumpulin niat buat ngetik tuh kaya ngadain reunian temen-temen SD, susah pake banget. Oh ya kalau ada salah sumber atau apapun koreksi aja, selow ae. Semoga bermanfaat bro J

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. Anak saya ketrima di telkom fak ilmu terapan jurusan teknologi rekayasa sist multimedia D4..akreditasi C..gimana nih
    .

    ReplyDelete