image1 image2 image3 image4 image5

HELLO I'M HAFIAN KAMAL|WELCOME TO MY BLOG|ALL ABOUT TRAVELING|STORY|REVIEW|AND MANY MORE| OJO LALI SHARE YO

Petualangan Anjayy !!! ke Bandung Barat, Sanghyang Heuleut dan Sanghyang Poek

Haiii watss up guys
piye kabare ? sehat bro ? Alhamdulilah


Dari kiri ke kanan Bening - Si Pink - Danisha - Ian (gw)

Di postingan kali ini gw pengen bercerita betapa anjayy nya petualangan gw kali ini sob.

Udah pernah denger sahyang heuleut ? atau sahyang poek ? belum kan ? . Gw biasa sebut ini tempat Sarangheo Haleyut, Bukan karena gw sok sok romantis atau apa, nyebut sahyang heleut itu lidah gw berasa jungkir balik, dan susah diinget. So, gw sebut aja Sarangheo Haleyut sama Sarangheo Powek.

Dihari minggu yang cerah di bulan yang penuh tangisan bumi akibat doa para jomblo, Gw pergi ke Sarangheo Haleyut sama ke Sarangheo Powek. Oh ya sebelumnya kenalin dulu team taveling gw, ada si pink, belum tahu siapa si pink ? makanya baca postingan gw yang Liburan ala Backpacker ke Lombok PART 1, Ada bening sama danisha. Kita biasa sebut geng kita "Baperun". Yoi baperun hahaha, kenapa baperun ? simple, karena orangnya pada baper mulu, dikit dikit baper. Padahal gw udah bilang kalau baper makan snickers.

Sarangheo Haleyut sama Powek tuh letaknya ada di Padalarang sob, tepatnya di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya itu deket sama PLTA Saguling. Gw bareng anak anak Baperun berangkat dari daerah Telkom University sekitar jam 6 pagi. Kita naik motor, gw bareng bening, si pink bareng danisha. Perajalan menuju lokasi itu sekitar 2 jam sob. yahh menurut gw sih ini lumayan deket. Dari pada harus traveling ke pangandaran atau kemana kan lebih jauh bro.

Berhubung Baperun belum makan, kita sempetin makan di pasar kaget di suatu tempat di jalan soekarno hatta bandung. Lumayan, isi bensin perut dulu sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius lagi, eh maksudnya ke Sarangheo haleyut. Setelah searching berbagai gerobak yang tersedia, kita menuju ke gerobak nasi kuning sama kupat tahu. Lumayan enak, tastenya mantep, rasanya nyampe sampai ke hati walaupun hatinya masih kosong. Selesai makan makan, langsung cabuttt sob ke lokasi tujuan.

Sebelumnya kita belum pernah ke Sarangheo Haleyut sama Powek, jadi bener - bener fresh kita lokasi tersebut, Cuman modal GPS handphone sob. Untung selama perjalanan menuju lokasi gak hujan, jadi jalannya kagak licin. Oh ya, kalau lu pada dari arah Bandung, jalan menuju Sarangheo Haleyut ini searah kok kayak ke Stone Garden. Tau gak stone garden ? garden tuh yang buat ngelindungin jendela kaca dari sinar matahari, kalau malem biasanya ditutup, kalau stone tuh batu. berarti stone garden itu batu yang nempel di jendela.

Setelah 4/5 perjalanan, akhirnya kita ngeliat baliho gede, eh kok baliho. apa yak, pokoknya kita liat tulisan gede di kiri jalan tulisannya PLTA Saguling. Langsung masuk sob. Nah setelah masuk ikutin jalan aja. Udah mulai sepi kok, gak kaya hati gw eh maksudnya gak kaya jalan raya biasa. Sepi banget. Munkin cuman ada 1 - 2 motor warga lalu lalang selain kita. Ati ati sob, jalannya radak rusak, tapi masih bisa lewati kok woles. Perjalanan dari pintu masuk gerbang PLTA Saguling ke Sarangheo Haleyutnya itu kira kira 20 menit an. Gak lama kok.

Nyampe juga di depan PLTA Saguling. sebenarnya kita pengen ke lokasi pertama yaitu Sarangheo Tikoro.

Gambar : apitpresly.blogspot.com

Gambar : citizenmagz.com
Cuman bisa comot dari mbak google euy, Sarangheo Tikoro ini letaknya persis di samping PLTA Saguling. Cuman berhubung kesialan gw dateng tanpa ketok pintu, Gw bareng Baperun gk bisa ke lokasi itu. Karena masih ada perbaikan kata bapak bapaknya disana. Yaudah deh gak papa, woles. toh masih ada Sarangheo Haleyut sama Sarangheo Powek.

Berhubung Tikoro hopeless, kita lanjutin perjalanan ke Sarangheo lainnya. Nah, kebetulan di deket PLTA nya ada bapak bapak nongkrong. Kita tanyain deh

Baperun : Pak, udah nikah belum ?
eitsss, salah. maap
Baperun : pak, punten, mau tanya untuk ke sarangheo haleyut kemana ya ?
Bapak : Oh naik lagi dek, ikutin aja jalannya. nanti ada tukang parkirnya disana.
Baperun : Oke, makasih pak

Sung langsung menuju ke atas. Ngengggggggggggggg *suara motor
Dengan penuh semangat diiringi suara motor supra x tua zaman batu dengan vario yang kurang kasih sayang, akhirnya kita sampai diiiiiiiiiii parkiran motor. yup, parkiran motor. Baru parkiran motor sob, belum sampe di Sarangheo nya. Setelah sampai, kita titipin motor, sama helm, kalau hati sih gak mau dititipin. Terus ketika team Baperun pengen menuju ke Sarangeheo Haleyut, ada warga yang ngajak ngobrol kita. Intinya sih mereka nawarin Tour Guide buat ke Sarangheo Haleyut sama Powek. Tarifnya 1 orang 15rb. Kita kan ada berempat, jadi total 60rb. Ini gak wajib sih. Cuman warga nawarin aja. Tapi kalau gak mau gpp, kita cuman suruh nyumbang 5rb perorang

Tips : Menurut gw sih gak usah pake Tour Guide segala. Kalau lu petualang sejati, hajarr aja. Lagian jalan hutannya udah kebuka kok. Udah ada jejak jalan setapak. Jadi gak terlalu belantara banget. Ada beberapa petunjuk juga. Tapi kalau lu bener - bener parno, yaudah sok aja nyewa tour guide.

So, akhirnya setelah kita bayar 5rb perorang, kita langsung caw ke destinasi pertama yaitu Sarangheo Powek. Perjalanan dari parkiran ke lokasi Sarangheo Powek sekitar 1 jam 15 menitan. Sebelum menuju jalan setapak hutan. Rintangan pertama yang kita hadepin adalah lewat pipa air 2 buah. Bukan pipa air biasa sob, Pipa pembangkit listrik ini. Gedee banget sumpah.







Kaya lewati pipa biasa yak? GAK. sekali lagi gw tekankan ini bukan pipa biasa. Tempat ini kemiringan nya hampir 45drajat. Dan jarak pipa ke tanah itu dikit banget, Jadi buat lu yang badan isinya lemak doang radak cukup susah untuk ngelewatin tempat ini. Si pink aja guling guling di bawah buat ngelewatin tempat ini.


Saran : Buat lu yang pengen ke sarangheo haleyut dan badannya sama kaya pink, apalagi diatas si pink. Kurusin badan lu sekarang juga. Bukannya apa apa sob tapi emang medannya susah. Dan tolong jangan pake sepatu atau sandal alay. Karena takutnya grip sepatu lu gak bisa nahan badan lu saat di lokasi ini. Pakailah sepatu yang khusus buat naik gunung. Pokoknya jangan pake sandal macam swallow, Swallow juga ntar nyawa lu sob. Itu danisha pake sepatu sniker aja karena terpaksa dari pada pake sandal biasa.


Alright, akhirnya setelah bersusah payah melewati si kuning pipa gede itu, kita lanjut ke jalan setapak hutan.

Saran : Tolong banget, sebelum lu menuju lokasi Sarangheo Haleyut dan Powek. Tolong siapin kondisi fisik lu. Minimal lari joging dulu dah. Kalau buat lu pada yang udah biasa naik gunung sih woles. Buat lu yang jarang olahraga itu yang bahaya. Gw saranin sekali lagi, joging bro, futsal, atau apakek pokoknya olahraga, Asli berat sob tracking nya, gak bohong gw.

Tips : Siapin snack kecil + minum

Baru pertama kali gw lewatin jalan setapak hutan begituan, menurut gw seru banget tracking nya. Ya, walaupun berat tapi asyik sob sumpah. Sebenarnya kita radak kesulitan juga waktu tracking menuju lokasinya karena waktu pagi di wilayah PLTA Saguling hujan sob jadi radak licin. Sorry waktu berangkat awal jalan setapak gw lupa foto sob saking asyiknya.





Foto diatas itu waktu di perjalanan setelah ngelewatin hutan belantara. Cakep kan foto nya? yoiiii apalagi yang pake baju merah kacamata. Nah sebenernya ujian terjalnya itu dimulai setelah sawah yang membentang diatas bro. Batu batu, tracking naik turun, ditambah licin habis hujan, kita hajarrrr semua bro. Baperun Fighting

Mau liat jalannya ? yakin ? yakin pake banget ? wokee


Ati ati nis, ben, pink ntar jatuh ke kenangan masa lalu, eh maksudnya kali





Nah ini salah satu spot yang radak serem sih menurut gw karena jembatannya radak kurang meyakinkan, Tipis gitu kayunya, ditambah bawahnya ngalir arus deras. Cuman bisa berpegangan dengan pengalaman masa lalu yang bertepuk sebelah tangan *eitss.  



Yang ini sih udah lumayan



Gimana mantep ? cukup menguras hati emang

Akhirnya sampai di Sarangheo Haleyut. kesan pertama, nice nice nice. masih alami. Batuan batuan alami kali yang gede gede banyak tersebar di sepanjang kali. Tapi sayangnya masih nemuin sedikit bekas "jejak" orang alay. tau apa ? yak sampah. Masih gw temuin beberapa snack snack yang biasa dijual di indoapril. Hadehhh dasar bocah alay bocah alay.  Tolong buat para alay yang baca postingan gw, tobat lah kau nak.

Oh ya ini fotonya sob




 Gilaa gokil banget, tas nya bening anak Metal abisss. ROCK STARR !!!!



Udah mancung kok niss, mancung banget mulut lu, kalau idung mancung juga tapi kedalem HAHAHA 


Kode si pink pengen di peluk, ayo ayo di obral obral, pelukan maut si pink. 5 menit goceng aja dah



Say haiii tu bening, dia jomblo loh. Ati ati ntar mimpi in doi


Pengen gaya endorse tas tapi fail, tapi tetep ganteng dari segala sisi

Saran : Kalau mau tracking usahain jangan sendirian, ya minimal kalau misal jomblo ngenes sendirian dan gak ada yang nemenin mending ikut gabung sama rombongan yang juga mau ke Sarangheo Haleyut. Kenapa ? yaa, karena menurut gw jalur ini sepi banget. Kalau ada apa - apa kan bisa di koordinasi bareng - bareng. 

Setelah puas foto-foto di Sarangheo Powek, Lanjut lagi sob ke tujuan utama kita. Sarangheo Haleyut yoiii. Petualangan baru dimulai. Yap, perjalanan dari Powek ke Sarangheo Haleyut butuh waktu sekitar hmmm 1 jam an munkin. Sebenernya deket, cuman karena jalurnya terjal dan licin jadi memakan waktu agak lama. Gw lebih prefer jalan berbatu dari pada jalan tanah, karena kalau jalan tanah tuh udah gak ada pijakan, gak ada grip sepatu pula. Kalau berbatu enak sob, jadi gak licin. Oh ya berhubung kita gak pake Tour Guide, acuan arah kita cuman jalan bekas setapak orang. Dimana ada jejak berarti kita lewat situ. Kalau rumput - rumput yang gak keliatan kayak jalur lewatan gak akan kita lewati. Tapi kalau buat dapetin kamu, rintangan apapun akan ku lewatin kok.

Cekrek jalurnya


Kasihan si pink, linglung mau pelukan sama sapa. Pelukan sama mantan udah ada yang punya. kasihan kasihan kasihan



Nah ini salah satu jalur batuan yang lumayan terjal, tinggi juga sekitar 3 meter an. Syukur ada beginian, jadi gak licin sob


Alhamdulilah juga udah ada fasilitas tangga beginian yang dibuat oleh warga sekitar. 

Ditengah perjalanan menuju Sarangheo Haleyut kita sempet berhenti sob, karena emang capek banget. Gw juga gak nyangka bakal secapek ini, padahal gw udah persiapin hari hari sebelumnya dengan joging. Tapi masih juga capek. Sambil istirahat, gw sama danish berusaha untuk mensetting go pro yang kita bawa. Sebenernya waktu di perjalanan menuju Sarangheo Powek, baterai go pro kita tuh habis, nah kan gw bawa cadangannya tuh, gw ganti dah. copot yang lama, masukin yang baru. and apa yang terjadi ? error sodara sodara. hahaha kampret, beginilah ke-ndeso-an kita tentang go pro. Maklum go pro itu kita nyewa, bukan punya kita. Tapi kalau ada yang berminat ngasih sok aja ntar gw kasih alamat gw hahaha. Sambil berusaha setting sambil hubungin yang empunya go pro ini. tapi berhubung gak ada mantan di hp gw eh maksudnya gk ada sinyal, yaudah akhirnya kita gak pake go pro untuk sementara. Hadehhh yaudah deh. Kita istirahat sekitar 30 menitan. Habis itu langsung cabut ke Sarangheo Haleyut.

Akhirnyaaaaa bro bro bro, sampe juga. yahhhh tapi........
ada persaan yang kecewa yang amat mendalam yang menusuk relung hati terdalam. Karena wilayah Sarangheo Haleyut paginya habis diguyur hujan, jadi airnya bewarna coklat udah gitu ramai pengunjung juga. Ya maklum sih karena gw kesini nya hari minggu. Yahhh sayang sekali....sayang banget.... sayang banget sama kamu *eh sayang jelek jadinya.

Cekrek 



Sayang banget asli, sebenernya Baperun berencana buat renang tapi karena airnya coklat ya gak jadi deh



 Ayoo pink kamu pasti bisa, "Doa kan kami menang yaaa" #Bentengtakeshi


Kalau airnya jernih tuh gini nih

Gambar : Kompasiana.com
Anjayyyyy padahal kalau airnya gak keruh, sumpah pecah banget.

Saran : Kalau mau ke Sarangheo Haleyut ini jangan pas musim hujan karena ya itu, ntar airnya keruh, jadi gak seru renangnya. Sama pas jangan hari libur. Misal hari senin-kamis, cakepp tuh hari. Pasti sepi pengunjung.

Oh ya dilokasi juga ada penyewaan jaket pelampung. Jadi buat lu yang gak bisa jatuh cinta *eh maksudnya yang gak bisa berenang bisa nyewa jaket pelampung. Juga ada penjaga Sarangheo Haleyutnya kok, jadi kalau ada apa apa bisa ditolong dengan cepat. 

Yaa akhirnya kita Baperun cuman foto foto doang dari atas, sambil berteduh dari sengatan kenangan mantan yang terik. Sambil ngaso, sambil istirahat juga. 

Cekrek cekrek cekrek


Ati ati sama si ben, ntar digigit. Belum jinak dia, soalnya belum ada yang jinakin hatinya *eits



Ini ekspresi waktu liat gw, dan doi baru nyadar klo gw ganteng. jadi shock gitu 



Ceritanya diatas ada foto para mantan, danisha ngasih tahu ke gw sambil nunjuk gitu "itu mantan gw yang 1, sama itu yang kanan ke 2, yang bawah yang ke 3" 



Setelah capek mencari kitab suci, cu pat kai akhirnya beristirahat sejenak



Kok alis gw kaya sayap burung elang mau terbang yak

Oke, setelah ngaso, foto foto, makan snack beli di indoapril, kita langsung cabut mau balik karena takut kesorean ntar. Suasana awan juga lagi mendung waktu, takut hujan, jadi langsung memutuskan untuk balik. 

Saran : Kalau mau pergi ke Sarangheo Haleyut jangan di waktu siang atau sore, takutnya ntar waktu nya gak cukup. Usahakan dari habis shubuh, kalau gak jam 3 pagi sekalian. Jangan sampe pulang terlalu sore, apalagi malem hari. Bahaya bro, serius gw. Gw juga dibilangin begitu sama warga sekitar, Gak usah sore hari, orang masih siang aja udah serem gitu tracking nya.

Waktu perjalanan balik ke lokasi parkir, si bening sempet oleng sob. Kepleset dikit. karena emang kondisinya badan udah capek semua. Mana mendung pula mau hujan, jadi kita harus cepet cepet. Ternyata waktu kita balik sore sekitar jam 3 an, masih ada aja pengunjung yang baru naik mau ke Sarangheo Haleyut. dalem hati gw, busetttttt mau pulang jam brp lu tong ? 9 malem ? gila. Apalagi mendung gitu. 

Ada kabar yang lumayan membuat hati lega, di tengah jalan balik ternyata ada sinyal. Otomatis pesan line gw bisa ke kirim ke empunya Go Pro. Katanya buat setting go pro nya liat aja panduan apps yang ada di hp android. Akhirnya gw ikutin, dan jeng jeng jeng taraaaaaa. Bisa sinkron juga sama hp. Maap kan atas ke-ndeso-an kita sob hahahaha.

Cekrek selama perjalanan balik


Liattt itu ben, ada sunggokong lewat #kerasakti



Melewati gunung lewati lembah, Sungai mengalir indah ke samudra, Bersama mantan bertualang... #ninjahatori



Naik nya radak susah sob, ati ati aja kalau disini. Miring banget medannya 



Sepatu gw yang kanan, sepatu danisha yang kiri. see ? sepatu gw sampe mangap gara - gara tracking jalur Sarangheo Haleyut ini.  



Ini gw di depan PLTA Saguling nya pas sob 

Perjalanan dari PLTA Saguling ke daerah Telkom University itu kurang lebih sekitar 2 jam. Tapi ada kendala yang kita hadapi waktu balik. Hujan sob, hujann. Karena hujannya masih bisa di teloransi akhirnya gw sang driver dan si pink langsung trobos aja sob dari pada lama berteduh dan ribet. Sampai saatnya hujan sudah semakin lebat dan gak bisa di tampung dengan hati lagi, kita putusin buat berteduh di SPBU sekalian mandi sama sholat sambil nunggu hujan radak reda.

Setelah udah pada mandi, dan hujan lumayan reda, kita lanjut hajarrrr lagi jalan balik. Oh ya selama perjalanan pergi dan balik Sarangheo Haleyut sama Powek, gw sama si ben ngeliat mobil kawinan 7 ekor sob, eh maksudnya 7 buah. wow 7 buah, nih kode buat gw nih disuruh cepet - cepet kawin kali ya.

Sebelum balik ke kosan, kita makan dulu di Warung Steak yang ada di Palasari Bandung. Behh badan gw basah kuyub sob, basah semua pengen cepet - cepet balik buat mandi. terus si bening juga diem mulu selama perjalanan karena belum di isi perutnya. Si pink mah selow, udah banyak lemak. nah kalau si danisha nih, ternyata dia drop sakit. Ya munkin karena kecapekan ditambah hujan hujanan pula. Dia jadi gak nafsu makan, dan akhirnya dia langsung balik ke kosan bareng si pink, belum sempet makan pula. Dalem hati gw, waduh sakit lagi ni bocah, moga gak kenapa - kenapa dah, kasihan gw, gws nis. Si ben justru kebalikan dari si danish, setelah makan doi kaya berubah 180drajat. Langsung seger mukanya. Makanya kalau lu punya cewek, kesel atau marah marah mulu, kasih aja snickers. Emang resek kalau lagi baper eh laper. 

Makan udah, bayar udah. oke saatnya gw sama bening balik ke kosan. Berhubung sepatu gw juga basah abiss, gw putusin untuk gak pake sepatu ketika balik. yap, nyekerr sob pake motor ketika balik. Kaki rasanya seger nginjek aspal langsung hahaha. Dari pada pake sepatu basah, rasanya gak enak banget sob asli. 

Okey selesei juga traveling gw kali ini, makasih udah baca sob. jangan lupa share dan comment dibawah ya

sampai ketemu di traveling gw selanjutnya, stay tune bro

Share this:

CONVERSATION

3 comments: