image1 image2 image3 image4 image5

HELLO I'M HAFIAN KAMAL|WELCOME TO MY BLOG|ALL ABOUT TRAVELING|STORY|REVIEW|AND MANY MORE| OJO LALI SHARE YO

Mau kuliah di Telkom University ? Baca ini dulu sob

Haiii bro, kali ini gw pengen ngoceh tentang kampus gw tercinta. Tau Tellkom University kan ? ya, yang dulunya bernama STT Telkom, terus berubah lagi jadi ITT Telkom, terus berevolusi lagi jadi Telkom University yang sekarang ini. yang lokasinya ada di papan bertuliskan Bandung tapi dicoret, eh maksudnya kabupaten Bandung.

Gambar : coretanlogika.blogspot.co.id / Ari Pridana
Gw disini mahasiswa sarjana Teknik Informatika yang udah semester tua ini, Ingin berbagi pengalaman dan seluk beluk di Telkom University. Munkin bisa jadi pertimbangan untuk lu pada yang masih bingung mau milih Universitas mana. Oke langsung aja gw bahas satu - satu. Pertama kelebihannya dulu.

Kelebihan

1. Banyak beasiswa


Gambar : smb.telkomuniversity.ac.id













Pertama, yang gw pengen kasih tau sama lu pada adalah beasiswa. Ya, lu gak perlu khawatir kalau misal lu masuk Telkom University bukan lewat jalur beasiswa. Lu bisa cari beasiswa lain saat masuk di Telkom ini. Ada banyak, ada yang dari perusahaan, ada yang dari pemerintah, dan lain lain.


2. Banyak jalur masuknya
Gambar : amazonaws.com

























Buat lu bro, yang kelewatan 1 jalur masuk ke Telkom, jangan khawatir. Seloww. Ada banyak jalur masuk ke Telkom University. Ada jalur raport, jalur tulis dan jalur beasiswa. Dan itu gak satu kali doang, ada jalur tulis pertama, terus kedua, dan yang lainnya. Bisa langsung liat aja disini bro http://smb.telkomuniversity.ac.id/50-jalur-seleksi


3. Lulusan Telkom University diakui banyak perusahaan
Gambar : soal-psikotest.com


























Walaupun bukan lagi ikatan dinas, tapi efeknya masih bisa terasa sampai sekarang. Lulusan Telkom University gak kalah sama kampus kota bandung (ITB). Bahkan untuk beberapa jurusan, Telkom University lebih bagus di bandingkan kampus kota sekalipun. Apalagi buat lu yang ngebet banget ke perusahaan Telekomunikasi kaya Telkomsel, Indosat, XL, dan lain - lain, Telkom University bisa lu andalkan.


4. Banyak menang lomba
Gambar : www.telkomuniversity.ac.id





















Buat lu pada yang gak pernah ke luar negeri ? atau gak pernah sama sekali menang lomba waktu SMA ? selow gak perlu khawatir. Telkom University biasa mencetak mahasiswa handal dari 0 sampai jadi mahasiswa super saiyan 3. Beberapa prestasi Telkom University yaitu juga pernah memenangi kejuaran kelas internasional. Lumayan kan bro, udah jalan jalan ke luar negri dapet juara pula.


5. Banyak Laboratorium
Gambar : www.telkomuniversity.ac.id

















Lu butuh laboratorium kece buat riset lu nanti, tenang Telkom University punya banyak laboratorium buat menampung kemampuan lu. Banyak banget, mulai dari Lab Teknik Ekonomi, Basis Data, Data Mining, Multimedia, dan lain - lain. Itu yang gw sebutin baru lab teknik nya aja, belum yang fakultas seni, belum fakultas ekonomi, behhh banyak banget pokoknya bro. Gak kuat gw ngetik namanya disini.


6. Kampus "KW Super ITB"























Yap, kenapa gw sebut KW super ITB ? Karena mulai dari kurikulumnya, liburnya, bahkan sampai masjid kampus Telkom itu mirip banget sama kampus kota (ITB). Kalau masalah otak mahasiswanya bisa diadu sihh. Sikatt.


7. Ada Geladi dan Kerja Praktek

Gambar : www.telkomuniversity.ac.id


























Di Telkom University sendiri ada geladi (khusus mahasiswa teknik) dan kerja praktek. Apa itu Geladi ? Geladi itu semacam kerja praktek tapi masih sekala umum, magang kerja tapi masih skala umum bro belum menjurus ke jurusan lu. Geladi tuh buat mengenal lingkungan kerja tuh gimana, gimana sih cara teamwork nya, dan bla bla bla. Jadi lu pada kalau ikut Geladi, bakal ditempatin di kantor Telkom seluruh indonesia dan mitra kerja Telkom University. Kalau kerja praktek sih sama kaya kampus - kampus lain.

#Update Juli 2016
Gw dapet info waktu pemberian informasi teknis KP (kerja praktek) kemarin,  Geladi tahun 2016 itu Geladi terakhir. selanjutnya udah gak ada Geladi lagi. Jadi cuman ada KP (Kerja Praktek) alias magang bro.


8. Banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), Event, atau organisasi lainnya
Gambar : students.telkomuniversity.ac.id - Adinda Riztia Putri

























Lu butuh wadah buat nyalurin bakat lu ? Suka badminton tapi bingung mau di salurin kemana ? Mau organisasi BEM ? tenang - tenang, di Telkom University bisa nampung semua bakat lu. Lu suka Robotic bisa masuk Lab.Robotic. Suka futsal ? bisa masuk UKM Bola Telkom University. Hobi bisnis ? Bisa masuk Hipmi (himpunan mahasiswa pengusaha muda indonesia) Telkom University. Pokoknya kalau lu mau ngasah softskill lu di organisasi/event, telkom university juaranya. Gw bisa bilang event/organisasi punya telkom university lebih bagus dari pada ITB. 


9. Wajib Asrama 1 tahun
Gambar : photos.wikimapia.org
Walaupun awalnya radak berat bagi gw untuk asrama, tapi lama kelamaan gw sadar ada gunanya juga di asrama in dulu setahun. Jadi intinya di asrama in itu buat kita adaptasi dulu, terus saling kenal sama temen dalam kamar maupun sama temen asrama lain. Pengaruhnya lebih ke softskill sih menurut gw.

Oke next. Manusia itu ada sisi positifnya ada sisi negatifnya, Nah, sama kaya Telkom University. Tadi kan gw udah ngebacot tentang kelebihan nya. Sekarang gw bakal paparin ke lu pada kekurangannya.


Kekurangan

1. Gak ada AC
Gambar : pekanbaru.tribunnews.com
yapp, khususnya buat fakultas teknik nya, karena gw kuliah di teknik jadi gw tau, kalau fakultas ekonomi, seni, dan lain - lain kagak tau gw, sepertinya ada ac nya. Nah buat lu yang mau masuk teknik apapun di Telkom University, yah bersiap panas panasan di kelas umumnya apalagi kalau sekelas isinya 70 orang. Kalau pagi sih oke oke aja, bandung di pagi hari sejuk enak dingin, gimana kalau udah siang ?  Makan dah tuh. Paling cuman dikasih kipas 2 buah itupun kalau nyala. Bahkan di gedung baru nya pun tetep kagak ada ACnya. Untuk kelas praktikumnya, Labnya dipasang AC kalau gak pake kebangetan banget ntar. Jujur gw bingung, busettt gini amat sih. Oke kalau alesannya mau Go Green, tapi kalau mau Go Green harusnya kelas internasional juga gak pake AC dong ? atau banyakin pohon biar gak gersang. Jujur gw radak gak konsen merhatiin dosen kalau kelas gerah panas gitu. Radak gak pas aja dengan biaya yang relatif mahal gitu.


2. Harga yang relatif mahal
Gambar : ciricara.com
Yapp, semenjak meninggalkan jauh kenangan STT Telkom yang kedinasan dan berevolusi menjadi universitas besar, Telkom bukan lagi universitas "murah" . Namanya juga univ swasta bro. Harga masuknya menurut gw lumayan mahal. Sistem di telkom bukan per sks bayarnya, Per paket sop per paket. Jadi lu mau ambil 1 sks, 10 sks, 50 sks per semester harganya tetep sama kagak berubah. Belum kalau lu lewat jalur khusus behhh bisa umroh 2 orang kali tuh. Aplagi kelas internasional nya, Ampunn pak ampunnn. Ini bisa diatasi kalau lu pinter terus bisa dapet beasiswa kalau gw udah hopeless. Nih harga lengkapnya bisa liat disini https://smb.telkomuniversity.ac.id/YmlheWFwZW5kaWRpa2Fu


3. Gak ada SP (semester pendek)
Gambar : ismimei.files.wordpress.com
Nah ini, penting ini. kalau lu kuliah ntar juga bakal tau kok seberapa pentingnya SP ini. Amat sangat penting bagi gw yang punya IPK kayak angsa di aer (read 2). Lu munkin bisa nemuin SP di kampus - kampus lain, tapi jangan harap lu bisa temuin di telkom khususnya fakultas teknik ya. Kalau di selain teknik munkin ada, munkin ya. Kalau lu dapet nilai D atau E pada matkul tertentu wasalam dah ya lu harus ngulang tahun depan dari awal lagi. SP tuh cuman mitos.


4. Pelayanan kampus yang kurang maksimal
Gambar : andriewongso.com
Yang ini menurut gw paling gak gw suka. Ada beberapa karyawan telkom university bagian pengurusan tertentu itu, kayak lu mau ngurus ijazah, atau tanya - tanya informasi atau apapun gitu munkin bisa gw sebut oknum dah. Itu sikapnya gw gak suka banget. Kalau ada mahasiswa tanya - tanya atau mau ngurus apa itu kayak dari oknum nya kagak ada itikat baik, kayak muka ditekuk, nada tinggi, kadang marah gak jelas. Kan kita sebagai mahasiswa yang bayar biaya kuliah, kok malah dikasih pelayanan kayak gitu. 


5. Libur minggu cuman mitos
Gambar : ekamarta.web.unej.ac.id
Emang sih minggu tuh libur, tapi kalau lu di fakultas teknik jangan harap kampus bakal ngasih lu kesenangan libur. Setiap minggu kita ada yg namanya TP (tugas pendahuluan) dan itu gak gampang bro. Belum lagi tugas tugas dosen yang mengerikan. Belum lagi kalau di akhir semester itu ada yang namanya Tugas Besar. Itu dah kaya ngerjain proyek - proyek gede. Mantep pokoknya. Buat lu yang udah masuk ke teknik nya, gw ucapkan selamat.


6. Libur beda dari yang lain
Gambar : www.eccireland.ie
Ngomong ngomong soal libur, sepertinya emang ini kampus radak beda masalah ngasih hari libur. Kampus Telkom University menurut gw termasuk dalam jajaran kampus keajaiban dunia ke 1. karena kalau libur semester itu paling cepet libur duluan. Misalkan kampus - kampus biasa, mei baru libur, sedangkan telkom udah libur dari april. Gw yakin buat lu yang kuliah disini, pasti jarang banget ikut kumpul - kumpul temen SMA karena perbedaan libur yang gak mainstream ini. Sedangkan untuk liburnya, untuk semester ganjil itu cepet banget kurang lebih sekitar 3 minggu sedangkan genap kurang lebih 2 bulan. Radak aneh emg, menurut gw kenapa gak dijadiin sama aja ya. Jadi kalau mau liburan semester ganjil tuh radak nanggung.



7. Salah jurusan di Tel-U ? Mending buru" pindah jurusan atau cabut dari ini kampus
Gambar : www.nyunyu.com
Ini yang amat sangat bahaya. Jangan sampe lu kesasar ketika udah masuk Telkom University apalagi fakultas teknik. Keras bro asli gak bohong gw. Gak ada ruang atau celah bagi lu yang salah jurusan di kampus ini. Tiap hari tugas mulu, belum tugas besar yang nuntut otak kerja rodi, belum deadline yang lain. Kalau misal lu salah jurusan di Telkom saran gw cepet cepet pindah jurusan atau cabut dari ini kampus sebelum terlambat, sebelum jadi mahasiswa tua kaya gw. Ketika salah jurusan pasti ntar terganjal di skripsi nya, karena emang bukan pasion lu dan bukan keahlian lu jadi susah. Jangan sampe deh jadi mahasiswa abadi.


8. Jam masuk kuliah berasa kaya anak sekolah
Gambar : www.parenting.co.id
A : Aduh masuk kuliah pagi nih, mager banget
B : emangnya jam brp lo kuliah pagi ? 
A : Jam 8
B : Buset serem amat, tumben lu kuliah pagi, biasanya juga siang mulu.

Cerita diatas adalah karangan fiktif belaka. Percakapan diatas berlaku selain mahasiswa telkom. Mau tau jam pagi nya kuliah disini ? JAM 06.30 WIB. yapp jam setengah 7 broo setengah 7. Nice gak ? 
Berasa anak SD yang baru merangkak bangun terus minum susu lalu berangkat sekolah. Jaman SD pun gw berangkat sekolah jam 7, bukan setengah 7. Kalau lu pada udah masuk sini, pinter - pinter aja pilih kelas yang gak jam setengah 7. Menurut gw ini masalah sadis buat gw yang sering bergadang nyelesain proyek.

#InfoUpdate
Ternyata kuliah jam 06.30 WIB udah rata dari mulai anak teknik sampai anak ekonomi. Selamat menikmati.

#PENTING
Oh ya yang mau tanya" atau konsultasi seputar jurusan atau apapun yang ada di telkom university, jangan komen di bawah, percuma gak akan gw bales, udah banyak banget soalnya, blognya jadi error. Mending lu bisa liat dulu rangkuman pertanyaan yang gw dapet dari camaba (calon mahasiswa baru) telkom university. Hampir semuanya udah gw rangkum dalam 1 post blog. Bisa liat disini http://hafiankamal.blogspot.co.id/2017/10/faq-telkom-university.html

Pengen tau pengalaman gw untuk masuk universitas ? Pengen tau hal hal tentang salah jurusan
Mending saran gw sih lu baca cerita gw juga yg satu ini. buat referensi lu biar gak kejebak kayak gw, http://hafiankamal.blogspot.co.id/2016/03/lu-salah-jurusan-sama-om.html

Baca juga nih bro, sapa tau bermanfaat
Urutan Ritual Supaya Bisa Masuk Perguruan Tinggi Yang Loe Pengen !!!

Oh ya, sama gw minta tolong banget dong support nya dari kalian semua. Sekarang gw lagi jalanin usaha Distributor Biji Kopi, follow aja instagramnya di @kopi_bdg . Siapa tau kan ada yang punya usaha coffeeshop atau doyan kopi, bisa langsung aja kontak gw hehehe.
ada juga usaha konveksi pembuatan baju, jaket, jersey, dll, follow aja instagramnya di @brotherkonveksi
Sebentar lagi juga mau buka usaha dibidang kuliner. Minta support dan doa nya supaya diberi kelancaran ya, aminnn :)

Sekian cerita gw di salah satu kampus ternama di kota kembang yang gw cintai ini. Semoga cerita gw diatas bisa menjadi instropeksi buat pihak kampus untuk bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Semoga bisa jadi referensi lu buat masuk Telkom University, makasih udah baca broo.

Share this:

CONVERSATION

402 comments:

  1. Kak kalau D3 Teknik Telekomunikasi nya? Saya diterima di jurusan ini kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, Itu udah sesuai sama pasion lu belum ?
      terus liat kedepannya untuk dunia kerja nya gimana.
      supaya di tengah jalan gak merasa salah jurusan :)

      Delete
  2. Udah kak, nah tu dia kak mnurut kkak lebih bagus D3 tek.telekomunikasi atau S1 tek.telekomunikasi?
    Kakak jg mahasiswa telkom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut gw sih mending lu ambil S1 nya deh
      lebih apa yaaa. Soalnya emang yang bagus dari telkom itu S1 Teknik Telekomunukasinya karena jurusan itu awal berdirinya ya di kampus telkom university (dulunya STT Telkom). Lab nya juga banyak banget. Sempet menjadi lab terbesar se-asia tenggara.
      dari pada nanti lu ambil D3 ujung ujungnya nerusin S1 juga. mending dari awal langsung ambil S1 aja.
      Kecuali kalau lu emang pengen kerja cepet cepet. 3 tahun lulus langsung kerja, baru ambil sono D3 gpp

      Delete
  3. Oke deh kak, makasih ya saran nya

    ReplyDelete
  4. Oke deh kak, makasih ya saran nya

    ReplyDelete
  5. Ka kalo teknink industri gimana nih ka? Aku soalnya udah diterima ahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik Industri telkom bagus bro
      udah terakreditasi A juga dari dulu
      memang dari mulai organisasinya sampe lab lab milik teknik industri telkom itu bagus :)

      Delete
  6. Kak bagaimana dengan jurusan ilmu komunikasi? Boleh dijelasin ngga bagaimana fasilitas sama mahasiswa/i-nya? Hehe makasih soalnya saya diterima di jurusan komunikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu komunikasi telkom masih terakreditasi B, dan sepengetahuan gw sih biasa biasa aja. Karena telkom yang bagus tuh Fakultas Teknik sama Fakultas Ekonomi Bisnis nya, kalau Fakultas komunikasi bisnisnya menurut gw biasa biasa aja.
      Mending klo mau ambil swasta pilih kaya Universitas Pasundan atau Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, udah akreditasi A tuh

      Delete
  7. Mhh bang saya mau tanya. Saya taun depan pengen kuliah di telkom jurusan dkv. Nah gimana mas jurusan dkv di telkom? Bagus gak?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut gw, dkv telkom biasa biasa aja bro
      masih bagus ISI Jakarta, atau yogyakarta, trisakti, UNS, ITB

      Delete
  8. Kak bagaimana dengan masalah asramanya? Denger denger untuk air di asrama keruh, apakah untuk tahun ini masih seperti itu? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw udah lama gak asrama sih karena gw angkatan 2013.
      Emang gw rasain waktu itu air nya keruh, kadang keluar cacingnya. Gw tanya adek kelas juga juga sama demikian.
      saran sih mending kontrak atau ngekost aja

      Delete
    2. Ini sumpah ka? Seketika pengen batalin daftar JPA buseeet:((((

      Delete
    3. itu baru segelintir "keunikan" asrama telkom

      Delete
  9. Thanks bang artikelnya,tahun depan niatnya mau daftar DKV Telkom,kira2 susah gak tuh bang tesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tesnya sih gak terlalu susah kok, DKV di telkom juga peminatnya gak terlalu membludak banget kaya jurusan jurusan teknik.

      Delete
  10. kak gimana kalau jurusan d3 manajemen informatika?? bagus engga yah?? terus prospek kerjanya gimana?? soalnya saya masuk jurusan itu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. D3 Manajemen Informatika alhamdulilah udah terakreditasi A bro, bagus itu
      cuman gw kurang ngerti untuk prospek kerjanya bro. munkin bisa tanya mbah google

      Delete
  11. Kalo mau pindah jurusan gimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tinggal hubungi dosen walinya aja dulu
      nanti biar ngobrol ngobrol sama dosen wali lu enaknya gimana

      Delete
    2. Tapi kalo baru mau masuk kuliah giman bang kan belum tau tuh dosen nya yang mana

      Delete
    3. ntar bakal ketemu kok pasti sama dosen wali

      Delete
  12. Kak kalo di telkom university apakah setelah lulus itu dijamin dapet cepet bekerja?? katanya sih telkom university kan udah marger dengan berbagai perusahaan lain, mohon infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bro
      telkom university bisa diabdalkan kok kalau untuk masalah pekerjaan kedepannya. Bisa diadu sama kampus teknik yang ada di kota bantung (ITB)

      Delete
  13. kak,di telkom ada gak pake uang praktek ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada bro, semuanya udah 1 paket
      Di telkom university itu pembiayaan semuanya dari mulai sks, praktek, dll, udah 1 paket per semester seperti yang gw bilangin diatas bro

      Delete
  14. Kak kalo kita ketrima lewat jalur JPA, pertama kita kudu ngelunasin UP3, SDP2, ya?
    Atau, saat kita ketrima, ada jalur beasiswa yang gak usah bayar hal2 di atas?
    Butuh pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh keterima lewat jalur raport ya ?
      beruntung lu
      gw aja dulu ditolak lewat jalur raport, karena saingannya SMA "high class" semua dari seluruh indonesia. kampret emang hahaha.
      kalau gak salah sih harus ngelunasin apanya dulu gitu, untuk lebih jelasnya mending telpon aja pihak telkom university nya bro.

      Kalau jalur beasiswa BANYAK BANGET di telkom university ini, sampe pusing gw mau jelasin yg mana. intinya banyak bro. jadi gak usah khawatir kalau gak masuk jalur beasiswa, ketika lu ntar udah masuk di kampus telkom baru deh lu bisa cari beasiswa sebanyak banyaknya dari cerbagai pihak

      Delete
  15. Kak, aku camaba s1 tektel tel-U, aku pengen tau alumni tektel 2013 2014 atau 2015 pada udh kerja dimana ya? Punya info atau kenalan kak barangkali?
    Nyari info alumninya susah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, S1 Tektel ya
      setahu gw ya
      banyak yang diterima di industri telekomunikasi di indonesia. gak hanya telkom doang kok, bisa indosat, xl, dll deh banyak banget.
      Apalagi S1 Tektel tuh jurusan telekomunikasi pertama adanya tuh di STTELKOM (sekarang telkom university). Bahkan kampus teknik kota aja (ITB), gw rasa masih kalah sama punya telkom (tektelnya)

      Delete
  16. Kak kalau sistem informasi telkom gmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem Informasi telkom university menurut Ban PT sampai sekarang masih terakreditasi B. dan menurut gw sih biasa biasa aja.
      Lu mau sistem informasi nya lebih kearah mana ?
      soalnya kalau di telkom university itu sistem informasinya lebih kearah management nya, radak kurang dapet ilmu teknologinya/informatikanya.

      Delete
  17. Kak pembayaran up3 sama spd 2 nya di telkom bayar sekali pas daftar aja atau ntar bayar lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh up3 sama spd2 ya
      lupa gw bro
      lebih baik tanyain aja ke pihak telkom university nya biar pasti

      setahu gw waktu dulu, gw kan ikut jalur UTG1 (jalur tertulis reguler). itu total masuk biaya masuk (uang kuliah smster 1 atau smster 1 sm 2 gitu gw lupa #CMIWW + uang asrama setahun + uang gedung) itu jatuhnya 28jt an

      Delete
  18. Kak aku baru jadi siswa tingkat akhir alias kls 3 sma nih. Dan aku pgn nyiapin kuliah dari skrg biar ga salah kedepannya. Buat ptsnya sih aku jg milih telkom univ, tp aku msh bingung buat pilih jurusan. Aku pgn masuk s1 teknik telkomnukasi tp aku dari kls ips, dan kata temen2 aku kalo dari ips itu susah buat msk teknik telekomukasi. Jadi bagusnya buat yg kelas ips ngambil jurusan apa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh
      emang berat bangettt itu

      saran
      kalau dari IPS sih jangan ambil teknik. kesendat sendat ntar.
      tergantung pasion kamu apa dulu ? design ? akuntasi ? management ? atau apa nih ?

      Delete
  19. kak mau tanya kalo misakan gamau ikut asrama karna udh punya kostan bisa ngajuin diri gak kak? biar ngekost aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget bro
      coba hubungin aja pihak telkom university nya

      tapi saran gw ya
      mending asrama dulu aja sih. Biar banyak temen bro

      Delete
  20. Pertanyaan yg sama sih, kalau ngk mau kos karena punya keluarga di bandung gimana caranya ya (fyi : pembayaran tahap ke 3 ada item asrama)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk caranya sih gw kurang paham
      tapi bisa kok
      hubungi pihak asrama telkom university aja ya

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau elektro nya menurut gw biasa biasa doang. Akreditasinya juga masih B (perbulan july 2016)
      Mending saran gw ambil S1 Tektel nya aja sekalian lebih bagus. telkom itu yang terkenal s1 tektelnya gan dari dulu, karena jurusan itu lahir pertama ya di STTTELKOM (sekarang telkom university)

      Delete
  22. Replies
    1. setahu gw waktu dulu, gw kan ikut jalur UTG1 (jalur tertulis reguler). itu total masuk biaya masuk (uang kuliah smster 1 atau smster 1 sm 2 gitu gw lupa #CMIWW + uang asrama setahun + uang gedung) itu jatuhnya 28jt an

      Delete
  23. Kak mau tanya sistem komputer di Tel-U msh baru ya? Sya diterima di jurusan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem komputer di telkom menurut gw biasa aja bro. gak spesial spesial amat
      dulu tahun 2015 kebawah sempet dapet akreditas C, tapi sekarang udah jadi B

      Delete
  24. Mau tanya nih Manajemen informatika pake Ac ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw belum tahu gan, kalau manajemen informatika tuh masuknya Fakultas Ilmu Terapan. Berhubung gw di fakultas informatika jadi kurang tahu

      Delete
  25. Kak, informatika gimana kabarnya??
    Bagus nggak kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang D3 apa S1 nih ?
      tapi semuanya bagus sih, yang S1 tahun ini naik peringkat dari yang sebelumnya akreditasi B jadi A. Labnya juga banyak kok

      Delete
  26. Kak d3 perhotelannha bagus gk si?trus mahal gk si buat biaya di fakultas itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang tahu gw kalau perhotelan, karena itu termasuk jurusan baru di telkom university bro. Ya namanya kampus swasta bro, ya biayanya menurut gw termasuk lumayan mahal

      Delete
  27. ka saya kan baru kelas 12 nih rencana mau masuk telkom ngambil jurusan tehnik informatika, di telkom bagus ga ya ka tehnik informatika nya?
    trus peluang kerja nya bagus ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang D3 apa S1 nih ?
      tapi semuanya bagus sih, yang D3 udah terakreditasi A, yang S1 tahun ini naik peringkat dari yang sebelumnya akreditasi B jadi A. Labnya juga banyak kok

      Delete
  28. Kak kalo untuk jurusan administrasi bisnis itu gimana bagus gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa aja menurut gw, akreditasinya juga B
      ya biasa aja.

      Delete
  29. mau tanya kalo yang CBT itu ditesnya apa aja ya? Abisnya di website ga ada keterangan detilnya. Oiya, kalo jurusan computer & data science apa bedanya sama teknologi informatika dan sistem informasi ya? Makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh gw kurang ngerti nih klo CBT, soalnya gw masuk telkom juga lewat jalur UTG.

      Computer & Data Science ? baru denger gw jurusan sebelibet itu hahaha,
      Teknologi Informatika, baru denger juga gw
      Sistem Informasi, nah ini baru gw sering denger. gw jawab sepengetahuan gw ya. Jadi sistem informasi itu hampir mirip mirip sama teknik informatika. Cuman kalau sistem informasi itu intensitas belajar codingnya (membuat aplikasi) lebih sedikit dari pada teknik informatika. dan SI itu dibagi 2, ada yg lebih menjurus ke management nya ada juga yang menjurus ke Informatikanya. Kalau itu tergantung kebijakan kampusnya. Setiap kampus tuh beda.

      FYI
      Jurusan dengan embel embel informatika itu banyak bangettt. Kadang beda kampus beda definisi informatikanya. Beda kurikulumnya. Jadi menurut gw kalau lu bingung jurusan yg mau lu ambil dan berkaitan dengan informatika mending lu kepoin jurusan informatika di kampus yg lu pilih. Sesuai gak sama espektasi lu. Kalau gak sesuai tinggal cari kampus lain.
      ada kampus yang punya jurusan Teknik Informatika tapi masuk fakultas FMIPA
      ada kampus yang punya jurusan Teknik Informatika tapi masuk fakultas Teknik
      ada kampus yang punya jurusan Teknik Informatika tapi masuk fakultas ilmu komputer
      ada juga yg namanya bukan teknik informatika, tapi Ilmu Komputer
      ada juga yg namanya Teknologi Informasi (itu beda lagi dari informatika, walaupun nyangkut nyangkut dikit)

      Pokoknya informatika tuh luas

      Delete
  30. kak minta infonya dong alumni d3 manajemen informatika yang udah bekerja di berbagai perusahaan?? dan bagaimana fasilitas dari jurusan d3 manajemen informatika?? maaf kak soalnya saya kurang tau mohon infonya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh klo gw sih kurang tau kalau yang D3 ya, soalnya udah beda fakultas. Kebanyakan sih ya temen temen gw D3 tuh pada lanjut S1. Kalau masalah fasilitas, telkom kayanya udah bagus kok. Dan akreditasinya juga udah A, jadi lebih terjamin

      Delete
  31. kak mau tanya lulus dari telkom itu langsung di tempat atau engga? kalo engga berarti kita cari2 sendiri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak langsung di tempat, kan telkom university udah jadi univ swasta. Cuman kalau mau masuk ke perusahaan Telkom dan anak perusahaannya itu lebih di permudah. iya ntar cari sendiri

      Delete
  32. Bang teknik industri keras ga? Terus seniornya kalo kejunior gimana? Lu di telkom jurusan apa dan kenapa ambil telkom? Gaenaknya di asrama apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sih, ya gak keras keras amat lah
      gak sekeras teknik mesin kok. Senior ke junior ya biasa aja. Paling ya di bentak bentak gituan waktu ospek doang, keluar ospek bisa diajak dugem bareng

      gw di telkom jurusan teknik informatika
      kenapa ngambil ? Salah jurusan nak, *baca post gw http://hafiankamal.blogspot.com/2016/03/lu-salah-jurusan-sama-om.html

      Di asrama
      hmmm, gak enaknya
      1. Air nya kadang kotor
      2. ya temen sekamar lo, klo enak ya alhamdulilah, klo gk enak ya nasiblo
      3. Ada jam malam asrama

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Menurut abang akuntansi S1 nya telkom university gimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akuntansi telkom menurut gw biasa aja, gak ada spesialnya
      akreditasi juga masih B, #CMIIW

      Delete
  35. Klu akuntansi S1 nya telkom menurut abang gimana? Dri segi fasilitas kampus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari segi fasilitas gw kurang ngerti
      karena emang gw anak teknik

      Delete
  36. bang teknik industri padet ga jadwal kuliahnya? gua liat2 artikel anaktelkom.com kyknya serem amat jadi anak teknik-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha
      udah kepoin industri sampe ke anaktelkom.com
      hebat

      teknik di telkom bisa dibilang pasti sibuk, libur minggu itu cuman mitos.
      ya termasuk teknik industri. Kalau smster 1, smster 2 emang sibuk karena masih ada sangkutpautnya sama pelajaran SMA

      Delete
  37. Bang padetan jadwal kuliah teknik telekomunikasi/teknik industri ya? terus kalo udh lulus teknik industri, bisa bekerja sbg apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau padetan mana sih itu tergantung lu manage waktu lu aja ketika kuliah.

      Teknik Industri itu luas banget, luasnya minta ampun. Bisa jadi apa aja sih menurut gw. karena di TI itu semua pelajaran di pelajarin semua ya walaupun cuman kulit kulitnya doang. Jadi bagian logistik bisa, marketing bisa, bisnis development bisa, dll.

      Delete
  38. kak, aku keterima D4 sistem multimedia lewat JPA, kata nya jurusannya masih baru ya? kira2 bakal gampang ga dapetin link kerjanya kalo andelin dari telkom nya? udah sesuai passion banget. kalo rencana nerusin S2 nya kira2 gampang ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau masalah dapetin kerjaannya kurang tau. soalnya jurusan baru juga. Cuman kalau mau cari perusahaan di Telkom Group itu lebih mudah kok. S2 dari D4 bisa kok. tergantung requirement S2 yang lu pilih ntar. kalau requirement nya bisa dari D4 ya bagus.

      Delete
  39. Bang. Saya di terima jalur jpa di computational & Data science.
    Kalau prospek kerja juturusan itu bisa ke mana ya bang.?
    Apa kuliah nya susah bang jurusan itu.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu Komputasi ya ?
      Waduh kalau prospek kerjanya gw kurang tau.

      jujur ya menurut gw, itu jurusan radak ambigu
      Jurusan kayak informatika tapi bukan informatika #CMIIW
      Kalau lu kuat di matematika, gak masalah masuk di jurusan ini.

      Delete
  40. kak saya diterima di d3 teknik informatika jalur jpa. menurut kakak d3 informatika bagus ga atau beda sama s1 nya. terus prospek kerja nya gampang ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda dong D3 sama S1. dari segi tujuan setelah lulus kuliah maupun pelajaran (mata kuliah nya)
      D3 informatika telkom bagus kok, udah terakreditasi A.
      Untuk kerja di Telkom Group dipermudah kok, jadi selow aja

      Delete
  41. Bang mau tanya nih saya kan diterima di jurusan S1 teknik telekomunikasi tapi passion di pemrograman salah ambil jurusan bang hiks, kalau menurut abang nih ya bagus tektel apa informatika ya bang kedepannya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutin kata hati lu, ikutin passion lu bro
      masih semester 1 atau 2 kan ? itu berarti masih semester awal
      masih bisa kok pindah jurusan
      konsultasi aja sama dosen wali

      Delete
    2. Nah itu juga bang, katanya kalau pindah jurusan itu ngulang dari smt1 jadi sempat mikir2 lagi juga, untuk prospek kerja bagus tektel apa informatika ya bang? Makasih

      Delete
    3. kata sapa harus semester 1 lagi ?
      nggak kok, coba konsultasi aja sama dosen wali. sebelum terlambat kaya gw yang udah tua dan gak bisa pindah hahaha

      Delete
    4. Jadi bisa nglanjutin ke smt 3 gitu ya bang? Gak harus ngulang lagi ke smt 1
      Terus kalo pindah teknik ke teknik gitu bisa kan ya bang? Makasih

      Delete
    5. Bisa kok,
      makannya lu coba hubungi dosen wali lu aja

      Delete
    6. Saya baru dapet namanya aja bang, belum dapet cp nya wkwk

      Delete
  42. Bang mau tanya, MK semester 3 yg menurut lo susah di s1 IF MK apa? Terus, yg bakalan di DO di IF tuh yg ipknya brp sih bang? Ipk gue angsa bang (2) apa ada kemungkinan DO tingkat 1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm semester 3 ya
      menurut gw, DAP, LOGMAT, KALKULUS
      Gw kurang tau bro klo masalah ipk minimal biar gk ke DO, cuman rata rata temen gw yang IPK 1, (read : satu koma) atau dibawah 2,3 an lah. itu langsung keluar, biasanya pindah jurusan di kampus lain.

      Gw aja IPK angsa kok, udah semester tua lagi
      selow aja bro hahaha

      Delete
  43. bang, gue kan rencana kepengen ngambil s1 teknik informatika taun depan lwt jalur beasiswa. nah yg pgn gue tanyain, sekarang udh upgrade gak yg awalnya gak berAC jd berAC? :v gue rada susah kalo belajar kepanasan wkwk. trs di IT sono perbandingan cowo cewe brp ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, masih bro
      masih gak ada AC sampe sekarang
      tapi menurut gw udah dingin kok, namanya juga bandung

      Jelas cowonya lebih banyak
      FYI : cewe informatika biasanya gak seindah rumput tetangga sebelah (anak bisnis)

      Delete
  44. Bang,mau tanya, kalo pindah jurusan itu pake bayar2 lg gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gak bayar kok
      asalkan dari akreditasi A jurusan lo, trs pindah ke akreditasi A atau B #CMIIW

      Delete
    2. bang , kalo mau pindah jurusan tapi dah semester 3 apakah masih bisa ?

      Delete
    3. setahu gw masih bisa
      coba rundingin sama dosen wali lu

      Delete
  45. Bang,mau tanya, kalo pindah jurusan itu pake bayar2 lg gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung lu pindah jurusannya sistenya gimana ?
      kalo normalnya mah kagak

      Delete
  46. Kak aku anak SMK,jurusan pariwisata.Sekarang masih kelas 12 sih.Tahun depan pengen masuk telkom,ambil jurusan komunikasi.Nyambung gak sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyambung nyambung aja kok,
      klo udah kuliah mah semua general, jadi diajarin dari awal lagi
      gak memandang lu ipa ips atau jurusan manapun (kecuali dokter)

      Delete
  47. Salam, halo kang. Boleh minta emailnya? Saya pengen tanya-tanya soal telkom dan beasiswa nya nih. Terimakasig

    ReplyDelete
  48. bang, saya rencana nya mau kuliah di telkom bandung jurusan telekomunikasi. bisa kah jurusan ips masuk ke telkom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan gw gak bisa bro klo dari IPS masuk Teknik #CMIIW

      Delete
  49. Saya mau masuk dkv nya bang,pndaftarannya ada brapa jenis jalur sih??trus suasana telkom itu suppport ga bagi yg suka jejepangan??saya sih bgitu masuk dkv mau mningkatkan skill gambar anime

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak bro
      cek smb.telkomuniversity.ac.id

      Jejepangan ? Ada bangett. ada kok uni kegiatan mahasiswa (ukm) yang berkaitan dengan jejepangan

      Delete
  50. Kak, dari Pekalongan ya ? Salam kenal saya dari Medono. Hehe

    ReplyDelete
  51. kak, mau nanya nih kak.. sistem komputer dengan sistem informasi itu sama sama mempelajari komputer ga? trus akreaditasinya apa? pakai ac kaga? termasuk fakultas teknik?. mohon balasannya :v soalnya aku mau pindah kuliah, mumpung jalur masih buka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang tanya di Line bukan sih ? whaha
      Bedanya sih jauhhh
      SK itu lebih ke hardware, kalau SI pembuatan sistem informasi bisa secara software maupun pembuatan prosedurnya

      Delete
  52. Kak lulusan telkom university itu ngga dijamin langsung kerja di perusahaan telkomnya ya? Tapi cari kerja sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan dijamin, tapi perusahaan telkom bakal memprioritaskan dari lulusan telkom university

      Delete
  53. Kak kalau mau daftar lewat JPA itu apa aja persyaratannya? Kira-kira nilai yang bisa lewat itu berapa? Kak mana bagus jurusan S1 akuntansi atau Manajemennya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lengkap persyaratannya sih bisa liat aja di smb.telkomuniversity.ac.id
      nilai mah gw gak ngerti, gw aja dulu gak keterima lewat raport

      Mending manajemen nya sih menurut gw kalau di telkom, soalnya kalau di telkom itu namanya MBTI, bukan cuman manajemen. tapi manajemen yg lebih fokus ke teknologi (informatika dan telekomunikasi)

      Delete
  54. Bang nih gua mau nanya ,
    Teknik Informatika di telkom bagus gak ?
    Lowongan kerjanya banyak gk ?

    Trus uang bpp itu apa ?
    Apakah uang kuliah atau pembayaran yang lain ?

    Trus uang kuliah nya itu udah sekalian uang sks ?

    Mohon pencerahan nya
    #terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. S1 apa D3 nih ?
      2 2 nya sih bagus
      lowongan kerja banyak banget, apalagi di perusahaan tlekom sendiri, kalo lulusan telkom university dapet nilai plus sendiri.

      BPP tuh kalau gak salah uang semesteran deh #CMIIW

      kalau di telkom tuh, Uang semesteran nya udah satu paket
      jadi bukan per sks bayarnya, tapi paket

      Delete
  55. Kaaa lulusan smk bisa masuk telkom university ga?hehe makasih :)

    ReplyDelete
  56. Kak kalo masuk jalur JPA masih ada ujian nya gasih? Terus ujian nya ngaruh sama lulus nya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ?
      habis JPA harus ikut ujian lagi gak gitu ?
      klo udah lulus JPA mah udah pasti ketrima di telkom bro

      Delete
  57. Salam. Kak, saya lebih prefer ke Web Development, ada gak mata kuliah nya? Banyak gak anak TI yang Web Developer? Ada Komunitas nya gak kak?

    Tambahan, Terus lingkungan Telkom itu gimana orang2 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah ada deh
      lupa gw, *dah semester tua*
      oh ya disini Teknik Informatika bukan TI namanya, tapi IF
      klo TI itu Teknik Industri

      lingkungan telkom
      hmmmm, Debu doang
      yabbb, jujur jujuran aja sih
      radak kurang kondusif baik secara sosial maupun kesehatan (ya karena debu itu)
      *menurut gw

      Delete
  58. Mas minta kontaknya aja,soalnya saya juga mau tanya" dulu dan lumayan agak banyak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok klo mau tanya tanya
      bisa line gw aja
      id line : ian_strike

      Delete
  59. Min, bedanya teknik telekomunikasi dan teknik elektro apa ya? Prospek kerjanya jg lebib luas yg mana?
    Terus kalau di telkom bagusan mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk prospek kerja jelas lebih luas teknik elektro

      teknik telekomunikasi itu sebenarnya bagian dari teknik elektro
      cuman di telkom, teknik telekomunikasi udah berdiri sendiri sebagai jurusan.
      teknik telekomunikasi lebih ke perangkat komunikasi (untuk komunikasi)
      kalau elektro mah luas banget

      Delete
  60. Kak masuk tel-u itu susah ngga sih? Apa susah nya sama kaya kalo mau masuk ugm atau itb gitu? Rencana pengen ambil jurusan teknik telekomunikasi reguler.

    ReplyDelete
  61. Kak masuk tel-u itu susah ngga sih? Apa susah nya sama kaya kalo mau masuk ugm atau itb gitu? Rencana pengen ambil jurusan teknik telekomunikasi reguler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo lu ngambil teknik telekomunikasi yg S1
      itu susah, ya kurang lebih 11:12 lah sama itb ugm
      soalnya itu jurusan favorit di telkom university

      Delete
  62. Bang menurut lu MBTI itu gimana sih? Susah gak? Pelajarannya gitu atau apalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw kurang tau sih, karena w kuliah di teknik
      tapi kalau lu emang pasion di ranah ekonomi ya cocok MBTI buat lu

      Delete
    2. gw di telkom keterima di teknik telekomunikasi ._. kalo gw keterima di ptn nih dengan jurusan yang sama, mending gw ambil telkom apa ptn nya ?

      Delete
    3. pasion lu udah bener tuh telekomunikasi ?
      ati ati salah jurusan, jangan sampe cuman gara gara disuruh ortu atau ajakan temen atau cuman gara gara lulusan nya terjamin. mau dimanapun tempatnya mau dimanapun kuliahnya klo sesuai pasion lu semua bakal tentram.

      klo untuk teknik telekomunikasi, untuk sekarang memang tel-u yg paling bagus di indonesia #CMIIW

      Delete
  63. kak, kl MBTI itu kerjanya juga harus di lingkup Telekomunikasi, ato bisa ditmpt lain? terus yg dftr situ laki2 ada kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga
      bisa kok di tempat lain
      Laki laki banyak lah

      Delete
  64. Ka pengalaman ketika ospek kaya gimana? Di marah2 gak? Atau cuma perkenalan univ aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman gw sih masih lumayan keras
      gak tau sekarang
      udah gak ada kali

      Delete
  65. Halo kak, saya persiapan pts rencananya pengen masuk tel-u nih.. saya blm Nemuin passion saya dimana.anak ips,dan saya lemah diitung2an kak.kira2 jurusan yg cocok untuk saya apa ya kak?mohon saran ya hehe saya galau bgt nih milih jurusannya

    ReplyDelete
  66. kak UTG2 ntar ada lagi gak? Saya cek di internet UTG1 nyedian beasiswapenuh untuk s1 ya kak? itu benar-benar full kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau klo teknis jadwalnya kapan
      iya itu penuh, klo gak salah buat nilai UTG1 peringkat 3 tertinggi

      Delete
  67. Kak kalo s1 desain interior gimana? Bagus ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di telkom kurang
      mending ITENAS atau ITB lebih bagus

      Delete
  68. Bang di jpa ada istilah keterima gak keterimanya gak sih..?
    Kalo ipa ambil ilkom bisa gak??
    Daya tampung di setiap prodi nya ada gak?
    Oh yaa mana yg lebih gede peluang masuj di jpa drpada utg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisalah
      lu dari ipa bebas mau masuk mana aja
      mending UTG, lebih gampang masuk. Gw aja masuk kewat UTG
      JPA gka diterima gw

      Delete
    2. Soal UTG yg di ujikan apa aja ya bang?

      Delete
  69. Bang di jpa ada istilah keterima gak keterimanya gak sih..?
    Kalo ipa ambil ilkom bisa gak??
    Daya tampung di setiap prodi nya ada gak?
    Oh yaa mana yg lebih gede peluang masuj di jpa drpada utg?

    ReplyDelete
  70. Bang di jpa ada istilah keterima gak keterimanya gak sih..?
    Kalo ipa ambil ilkom bisa gak??
    Daya tampung di setiap prodi nya ada gak?
    Oh yaa mana yg lebih gede peluang masuj di jpa drpada utg?

    ReplyDelete
  71. Bang di jpa ada istilah keterima gak keterimanya gak sih..?
    Kalo ipa ambil ilkom bisa gak??
    Daya tampung di setiap prodi nya ada gak?
    Oh yaa mana yg lebih gede peluang masuj di jpa drpada utg?

    ReplyDelete
  72. Kak kalo s1 desain interior gimana? Bagus ngga ya?

    ReplyDelete
  73. Kak kalau S1 desain interior gimna? Prospect kerjanya gimna, biayanya gimna? Bagus gk? Jurusan desain interior? Dosen nya gimna? Orang2nya gimna? Ada Mos kayak gitu gak sih?Please reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di telkom kurang
      mending ITENAS atau ITB lebih bagus

      Delete
  74. Kak kalau S1 desain interior gimna? Prospect kerjanya gimna, biayanya gimna? Bagus gk? Jurusan desain interior? Dosen nya gimna? Orang2nya gimna? Ada Mos kayak gitu gak sih?Please reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di telkom kurang
      mending ITENAS atau ITB lebih bagus

      Delete
    2. gw bantu jawab sbgai ank desain interior,,
      Prospek kerjanya gk tau jga krna gw masih baru,
      biayanya sih bisa dibilang lbh murah dibandingkan jurusan lain *tpi tetep mahal*,, gw dlu awal masuk totalannya 22 jtaan, per semester 6,5 juta.
      Maksudnya yg bagus gedungnya? BAGUS BANGET. Gw nyaman bngt belajar dikelasnya krna ber ac, warna kelasnya jga adem bikin semangat belajarnya. Soal tugas, siap" aja sih tiap minggu pasti bakal dikasih tugas sma dosennya smpai" lu bingung yg mana hrus dikerjakan duluan *kecuali klo lu tipe yg rajin, dan jarang keluar nongkrong, okelah no prob~* *wajarlah ya semester 1 emng gitu, ntar jga semester" depan udh bnyk liburnya, KECUALI TUGASNYA*. Sampai skrng dosen yg gw dapat alhamdulillah baik" semua, murah senyum dan pintar ngelucu dan yg dosen" ngajarin gw semuanya msh muda. Klo ospek jurusan pastinya ada.

      Delete
    3. Tuh udah dijawab sama anak DI nya sendiri wkwkw

      Delete
  75. Bang, kalo Teknik Informatikanya gimana? Sama Teknik informatika yang bareng bisnis itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ?
      Teknik Informatika yang bareng bisnis ? maksudnya ?

      Delete
    2. Mungkin maksudnya Sistem Informasi

      Delete
  76. Kak, gimana sama jurusan kriya tekstil dan mode? Bagus gak? itu sama kan kayak fashion design?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang tau gw masalah jurusan seni seni di telkom
      klo gw sih saranin mending FSRD ITB klo masalah seni

      Delete
    2. yups merancang busana, tas, dsb gitu
      ada beberapa busana dan tas yg dipajang di dalam gedung fakultas. Klo jalan" ke bandung, cba mampir ke telkom trus ke gedung Indrustri Kreatif ~

      Delete
    3. Nah
      anak DI nya jabarin lengkap tuh
      wkwkw

      Delete
  77. bang gua masih anak SMA kelas XII jurusan IPA.
    niatnya sih mau masuk ke Tel-U jurusan MANAJEMEN BISNIS TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA atau INTERNATIONAL ICT BUSINESS.
    kira2 cocok ga dari IPA ke jurusan tersebut.
    terus MBTI sama International ICT Business bagusan mana ya?
    Oh, iya minta sarannya dong, kira2 saya cocoknya masuk jurusan apa ya??
    thanks.
    please, answer.. please ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok cocok aja sih
      mending MBTI
      percuman lu masuk jurusan internasional juga. Malah nguntungin telkom doang lu klo masuk jurusan itu. mending MBTI aja

      Delete
  78. Ass, k sya mw tanya. apa jalur JPA setelah masuk/lulus kita akan mendapatkan beasiswa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak beasiswa yang bisa lu dapetin di telkom
      jado slow aja

      Delete
  79. Bang saya keterima di jurusan administrasi bisnis telkom. Itu bagus engga ?

    ReplyDelete
  80. kak, kalo mau daftar beasiswa di Telkom University gimana?
    trus ya kak, Telkom University udah bekerjasama sama Trans TV blm? kalo ilmu komunikasinya bagus nggak kak? Trus kalo mau daftar di Trans TV mudah nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau klo untuk teknisnya
      coba sering sering ke web telkom atau tanya pihak telkomnya

      gak tau ane
      klo menurut gw sih ilkom nya kurang. mending cari yg lebih bagus
      coba cek http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php
      cari yang akreditasi nya A, banyak banget

      Delete
  81. Kak mau nanya nih,apa bedanya fakultas telekomunikasi internasional sama yang biasa? Makasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending yang biasa saran gw mah. gw emang gak tau rinci apa perbedaannya
      tapi menurut gw bagus nya sama sama aja, cuman yg internasional harganya selangit, gak sebanding sama yg reguler toh jgua gak beda jauh

      Delete
  82. Kak mau nanya kak, kalo masuk jalur UTG1 biaya awal nya bisa di cicil gak? Soalnya kalo UTG1 gak ada potongan uang masuk gitu ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicicil kok klo yg tahun gw ya gak tau yang kebijakan sekarang

      Delete
  83. Oiya satu lagi kak, kalo mau ikutan organisasi, bayar2 gitu gak ya kak? hehe makasi ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada
      setahu gw gak ada, tapi tergantung kebijakan organisasi tersebut

      Delete
  84. Bang mau tanya, aku lulusan SMK REKAYASA PERANGKAT LUNAK dn skrg lg nungguin pngumuman beasiswa Metro TV di Tel-U,aku milih S1 Informatika. Trus klau emg hsilnya zonk mau ikut JPA atau UTG, tp msih bngung antara mau ambil S1 Teknik Informatika/ D3 Teknik Informatika/ D3 Managemen Informatika, kira" abang nyaranin yg mana? Trims sbelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending S1 sekalian
      nanggung D3, lagi pula yang sekarang banyak dicari itu S1 nya bukan D3
      untuk informatika ya

      Delete
  85. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  86. Replies
    1. bukan per sks
      klo di telkom paket
      kan udah dijelasin diatas, gak baca nih pasti --"

      Delete
  87. Ka mau nanya teknik elektro ama teknik informatika / teknik telekomunikasi susahan mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ditanya susahan mana itu tergantung diri lo sendiri
      setiap individu tuh beda beda, klo emg pasion lu di informatika ya mau segampang apapun teknik telekomunikasi pasti bakal lu anggep susah begitupun sebaliknya

      Delete
  88. Kak akh masih kls 3 smk jurusan akuntansi niatnya mau ikut Jpa ngambil jurusan mbti tapi masih bingung kira2 ikut apa engga ya? soalnya aku mau kuliah dibandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending ikut sih kata gw
      gak ada ruginya juga
      coba aja bro

      Delete
  89. Mas kalo kuliah tel-u pengennya full beasiswa masuknya pake jalur apa? Mohon penjelasannya.. Makasiii

    ReplyDelete
  90. Kak kalau sistem informasi bagus gak kak?

    ReplyDelete