image1 image2 image3 image4 image5

HELLO I'M HAFIAN KAMAL|WELCOME TO MY BLOG|ALL ABOUT TRAVELING|STORY|REVIEW|AND MANY MORE| OJO LALI SHARE YO

Liburan ala Backpacker ke Lombok PART 1

Hai guyss
setelah coba ngumpulin bola dragon ball untuk ningkatin semangat ngetik, akhirnya gw bisa share pengalaman gw sekarang ke lu pada.

Oke, di post pertama gw ini. gw bakal ngoceh tentang liburan gw ke Lombok,NTB.
pada tau lombok kan ? ya bener yang pedes" itu.
gw akuin emang pedes banget wisata alam di Lombok, sedapppppp.




Sebelumnya, bersama temen gw yg namanya Alan biasa dipanggil si pink. karena badan nya warna pink kaya babi yang kelebihan lemak. Nah, gw bareng si pink udah rencanain dari awal semester 5 buat jalan - jalan ke Lombok. Sebenernya gw udah ajak temen - temen kelas, tapi pada gak bisa. Oke akhirnya kita berdua doang. Masa bodo si mau dibilang homo yang penting niat gw travelling, apalagi ke Lombok, kapan lagi coyy ke Lombok. Dari mulai reservasi tiket sampai penginapan gw pesen jauh - jauh hari supaya bisa dapet. Tiket aja yang pesen jauh - jauh hari belum tentu dapet apalagi dapetin kamu *eh kok baper. 

Setelah menanti panjang hari demi hari sambil mengemis pada waktu (bahasa gw tinggi amat), akhirnya hari yang di tunggu - tunggu tiba. Berasa kaya keluar dari penjara kelas kakap nusa kambangan (kuliah teknik berat bro). Gw sama si pink berangkat pada hari kamis malem tanggal 31 Desember 2015 naik kereta dari stasiun Kiaracondong, Bandung. yupp tanggal 31 desember, itu artinya gw tahun baruan di kereta. No problem bagi gw, karena gw emang gk ngincer tahun baru di Lombok cuman mau ngincer kamu kok biar jadi miliku *eh baper lagi. Intinya gw gk ngincer tahun baru di Lombok karena pastii rame pake banget. Ogah gw klo rame, justru gk menikmati keindahan alam secara natural yoiiii.

Pada malem hari keberangkatan, sedikit ada masalah. karena gw dari kosan sekitar jam 7 sedangkan jam keberangkatan itu jam 8 malam. wahh itu gw udah panik abis. sekedar info bro, jarak kosan gw sama si pink ke stasiun kiaracondong itu sebenernya kagak jauh. tapiiii, lu pada tau macet kan bro ? yaa makanan sehari hari kota besar apalagi malam tahun baru. Akhirnya gw sama si pink ngomong ke abang" gojek. "Kang, cepetann yakkk, keretanya bentar lagi mau take off  nih takut ketinggalan." . Dengan kecepatan penuh dan kosentrasi tinggi serta ilmu mengendarai ala marquez yg nyundul rossi dikit, akhirnya kita sampai di stasiun kurang 15 menit dari jam keberangkatan. Kita solat dulu bentar terus langsung masuk ke kereta kahuripan,

nih tiketnya sob


Setelah perjalanan yang belum melelahkan akhirnya sampai di pemberhentian pertama di jogja yaitu di stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Sambil nunggu kereta selanjutnya yang ke Banyuwangi sekitar 2 jam, gw sama si pink pergi makan ke luar. Kebetulan banyak angkringan di luar. Wah ini nih ini. jujur gw suka banget sama yang namanya angkringan. Ya selain harganya murah, kita bisa berbaur sama masyarakat setempat, Sambil makan, sambil ngobrol santai nongkrong gitu kan sabiii bro. 

Oke lanjut, akhirnya kereta yang bawa gw ke Banyuwangi dateng. Klo gak salah nama keretanya Sri Tanjung. Gw sama si pink berangkat sekitar jam 7 pagi dari jogja. Begitu gw masuk ke kereta, gw langsung ngucap Alhamdulilahh. Kenapa ? karena gw sama si pink satu tempat duduk sama 2 orang cewek juga, masih muda dan suka travelling. Lumayan bisa ngusir kebosanan perjalanan, sambil ngobrol asik, syukur - syukur bisa minta id line HAHAHA. nama 2 cewek itu, Devi sama Sherly. hmmmm dari tampan nya gw gk nyangka sebelumnya klo 2 anak berdua ini suka travelling apalagi suka naik gunung, Sepanjang perjalanan ke banyuwangi selama kurang lebih 14 jam di isi dengan cerita - cerita, sharing travelling, dan candaan jayus si pink. 

Sekedar info, si pink di kelas gw terkenal dengan ke jayusannya, bahkan dia pernah memenangkan lomba jayus tingkat internasional padahal saingannya berat dari berbagai negara.  

Nah dari obrolan - obrolan kita, gw dapet info dari sherly bahwa di Lombok itu ada penginapan gratis. namanya rumah singgah lombok. yahhh, radak bikin nyesel dikit sih, karena gw sama si pink udah pesen penginapan dulu di senggigi,Lombok. tapi gpp lah, buat share info ke lu pada kan lumayan kan ? yoiiii. Kalau mau tau info rumah singgah lombok, add aja instagramnya @rumahsinggahlombok. atau bisa hubungin gw line : ian_strike kebutulan gw udah dapet info kontak dari rumah singgah lombok nya.

Akhirnya kereta kita udah mau sampai. si Devi sama Sherly berhenti di stasiun Karangasem karena kebetulan katanya di deket stasiun Karangasem ada rumah singgah juga, Sekitar 15 menit setelah si Devi sama Sherly turun, kita sampai di stasiun paling ujung bagian timur pulau jawa yaitu stasiun Banyuwangibaru. 

nih fotonya bro, penasaran kan sama muka si pink ? nih gw kasih


sory gambar radak burem, soalnya muka si pink gak sinkron sama kamera. kameranya radak ngambek kalau minta fotoin muka si pink, alhasil beginilah jadinya.

Oke setelah itu, gw sama si pink berangkat menuju pelabuhan Ketapang. Jarak antara stasiun Banyuwangi ke Pelabuhan Ketapang gak terlalu jauh kok, Jalan kaki 7 menit juga nyampe.
Nah terbesit dalam pikiran gw sebelum sampai Bali, gw sama si pink kan punya temen di Bali kenapa gak sekalian mampir aja silaturahmi. Langsung saat itu, gw hubungin temen namanya Danisha biasa dipanggil Danis. Alhamdulilah dia lagi free jadi kita bisa mampir. mantap deh

nih tiketnya Kapal Ferry nya sob 

Untung gw sama si pink dapet Kapal yang enak, ada AC sama ruang tunggu atau Dek ya istilahnya ? apapun itu namanya. Soalnya ada kapal yang jelek ada kapal yang bagus. Ati ati aja, kalau hoki lu kurang bagus, apalagi sering sial bisa jadi lu dapet kapal yang jelek, AC alami, sama kursi alakadarnya. Kapal Ferry itu berangkat setiap jam sekali, jadi jangan takut ketinggalan. selowww

Oh ya, sekedar saran. Buat lu yang berpergian dengan keluarga, terus punya rumah di Bali atau punya sodara disana yang udah tau alamat lengkapnya dan tau lokasinya. Mending pakai travel. Biasanya ada kok yang nawarin pas di Gilimanuk atau di dalam kapal. Waktu itu gw tanya - tanya, harganya 100rb per orang dianter sampai Denpasar (sampai depan rumah).  

Perjalanan dari Ketapang ke Gilimanuk itu sekitar kurang lebih 1 jam (kalau gak salah ya, lupa gw) pokoknya cepet kok. Oh ya, bagi lu pada yang belum pernah ke bagian timur indonesia yaitu Bali dan kawan - kawan. Pasti ngalamin kagok (apa ya, semacam situasi yg gak biasa) karena perbedaan selang 1 jam dengan di Jawa. Mau solat nambah satu jam dari jam normal, mau liat sunset nambah satu jam dari biasanya. Gw baru ngerasain, solat magrib jam 7 kurang 15 menit. Berasa di luar negeri gitu yakk hahaha. *sorry lebay

Oke, sekitar jam 1 dini hari gw Gilimanuk. gw langsung bergegas menuju terminal bis Gilimanuk. Nah disini nih gw radak mulai gak enak. Kenapa ? karena sempet ada perkelahian antar supir bis karena berubutan penumpang. Udah nadanya marah - marah gitu kan gw kagak ngerti bahasa mereka, jadi serem sendiri gw karena bukan daerah gw. Disitu padahal ada petugas dinas perhubungan, tapi percuma juga kagak ngaruh. setelah nunggu cek cok mereka sekitar 30 menit, akhirnya gw di taruh di salah satu bis. Harga bis yang menuju ubung (denpasar) itu 40rb kalau mau langsung ke Pelabuhan Padangbai 60rb. Bis biasa non AC. Berhubung gw sama si pink mau mampir dulu ke tempat Anis jadi gw turun di terminal ubung.

Sekedar tips dan himbauan, dimanapun lu berada. tolong jaga sopan santun. Taati peraturan yang berada di daerah tersebut. Jangan sok gaya please. Jaga mulut lu, jangan sok asal ucap. Satu lagi, Jangan Buang Sampah Sembarangan. Itu penting banget. Gak mau kan terjadi apa - apa sama nyawa lu? pokoknya bersikap sewajarnya aja kalau di daerah orang. Terutama buat alay alay yang ngakunya my trip my adventure tapi gak punya etika ketika di tanah orang.

Gw sama si pink tiba di terminal Ubung, Bali sekitar jam 6 wita. oh yeahh wita. bukan nama mantan gw ya tapi wita itu waktu indonesia tengah. Setelah sampai gw sama si pink buru - buru cari masjid atau mushola terdekat pakai aplikasi waze di hp gw. Kebetulan, begitu gw sama si pink turun langsung liat petunjuk jalan "Rumah Mantan 500m ke kiri" *eh maksudnya "Mushola 500m ke kiri". Tanpa basa basi gw sama si pink langsung menuju mushola tersebut. Kesialan gw mulai muncul lagi yaitu air mushola tersebut kagak ngalir. DAMN ! ! !

Sekedar info, di Bali itu nyari masjid kaya balikan sama mantan sama sama susah. sekitar 5 - 6km baru nemu masjid baru. ya wajar, karena mayoritas di Bali itu beragama hindu (no sara bro).

Akhirnya, gw sama si pink berjalan lagi nyari masjid. Ditemani sandal jepit dengan tas seberat rinduku padamu di iringi alunan bacotan waze yang ngoceh - ngoceh mulu pake bahasa bule. Jarak masjid selanjutnya dari lokasi kita sekitar 2km. Oke fine dari pada ribet naik angkot, mending gw naik kaki gw sendiri (jalan).

Sholat subuh udah kelar walaupun telat, tapi gpp lah dari pada gak sama sekali yoiiii. Makan makanan ringan kelar, langsung pergi ke rumah Danis. Jarak dari Masjid dket terminal ubung ke rumah nya Danis itu sekitar 11km.
gw ngomong sama si pink : Cuk, ini 11km hajarr gak ? 
si pink : Sung sung hajarrrrrr cuk
Dan akhirnya kita jalan, yaaa jalan. karena kita buta angkot di Bali dan kita emang mau backpacker sekalian olahraga pagi menatap matahari pagi yang cerah secerah hubungan kita di masa depan sedappppppp. Oh ya sebenarnya kalau mau naik taksi atau ojek bisa, tapi ya itu harganya mahal sekitar 30-60rb an

nih si pink lagi jalan 11 km menuju rumah danis


Sekedar tips, kalau mau travelling menuju tempat baru. kalau bisa siapin hp lu agar bisa dipakai GPS. download dulu aplikasinya di rumah. atau kalau perlu sekalian download versi maps offline supaya bisa digunain tanpa pakai internet. Ini penting sob, karena lu gak bakal tau daerah yang lu kunjungi itu ada sinyal atau kagak. cari aja di mbah google banyak. jangan nyari di history chat mantan gk bakal ketemulah.

fyuhhhh, akhirnya sampai bro di tempat Danis. Butuh waktu sekitar 2 jam jalan kaki. tapi asli seru.
Jalanan Bali gak panas - panas amat kayak di Jakarta, sekalian cuci mata juga. Asli pegel banget gw sama si pink. Gw baru bener" istirahat itu ya di rumahnya Danis. setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 hari dari bandung via jalur darat. Asliii kaya nemu surga untuk berteduh sementara gitu ditengah tanah orang. Langsung makan terus mandi. bayangin keringat 2 hari belum mandi di tambah dengan pengeluaran keringat jalan 11 km. yaaa harumnya mirip" bantargebang tapi lebih harum bantargebang sih.

Setelah makan mandi, gw tidur bentar. karena lelah banget badan gw. Di gantungin aja lelah abang neng *ealahh. Oke, next. gw lagi tidur dengan enaknya langsung di bangunin sama si pink. Gw sama si pink di ajak pergi jalan - jalan ke pantai Bali sama temen - temennya Danis sekalian liat sunset. ada si andre, si angel, sama si asta (ya asta, lupa lupa inget gw) ketiganya anak Univ Udayana. Pertama membaur gitu, radak malu" singa gw. tapi begitu ngomongin cewek yang di incer waktu di pantai, udahhh dehh udahhh. cekrek cekrek cekrek. Asli orangnya seru banget kocak, ngomongnya juga gak ada rem nya. ngakak mulu gw waktu perjalanan.

Sebelum caw (pergi) ke pantai, segerombolan anak kampus ini makan doloe. Kita makan makanan khas Bali. apa yak, namanya gw lupa. semacem kaya pecel gitu. tapi bukan pecel namanya. Ah gw baru inget namanya Tipat Cantok. Itu asli enak gak bohong gw. Ada di daerah sidakarya deket SMK N 2 Denpasar. harganya sekitar 8 - 10rb.

Sung sung, habis mengisi bahan bakar perut kita langsung ke pantai. Nama pantainya gw lupa apa, pokoknya di atasnya pantai padang padang. itu ke atas lagi dikit. Oh ya nama pantainya Pantai Blue Point. Pantai ini menurut gw caem banget. beda dari yang lain. walaupun banyak pengunjung (rame) tapi tetep cantik untuk ambil foto.

Jejak foto yang terekam


Dari kiri ke kanan, gw - andre - asta(baju merah) - danis(baju item) - si pink - angel


Mau gw kasih foto sunset nya ? wait wait wait


dengan muka pas pas an ala perkotaan dipadukan dengan kamera hp zenfone yang muktakhir dapat menghasilkan suatu karya yang ciamik bro, sabii gak ? yoiiii.

Setelah liat sunset, kita langsung pulang menuju rumah nya Danis. sekitar kurang lebih 1 jam an dari pantai tadi ke rumah. so pasti campur macet. makannya lama cuk.

Ke esokan paginya, gw berencana langsung pergi ke rumah gebetan *eh maksudnya ke Lombok. Sebenernya gw sama si pink pengen pergi sendiri naik angkutan ke Pelabuhan Padangbai. Pelabuhan padangbai itu pelabuhan yang mau ke Lombok. Eh malah gw sama si pink dianterin sama keluarganya Danis sampe ke Pelabuhan Padangbai.

Sebetulnya gw itu sama si pink gak ada niatan buat nginep di rumahnya Danis, ya niatnya sih cuman mau main aja bentar. eh eh eh malah udah di siapin kamar buat kita. Dibikinin makanan pula. Asli suerrr dah pada kondisi saat itu adalah kondisi paling gak enak gw. iyalah ngerepotin abis gw. tapi di lain sisi kaya dapet rejeki nomplok gitu. Buat Danis dan keluarganya gw sama si pink ngucapin Makasihh pake bangetttttt buat semuanya. sorry kalau gw sama si pink ngerepotin waktu di rumah sampai di anterin segala. Kalian baik banget udah mau menerima 2 mahasiswa yang gk sempurna ini(behhhhh).

Oke lanjut, akhirnya gw sama si pink berpamitan sama Danis dan keluarganya karena udah sampai di Pelabuhan Padangbai sekitar pukul 8 wita pagi. sungggg hajar, Lombok i'm coming....

Tiket Kapal Ferry





Lautnya asli bersih banget. biruu banget. seger pokoknya. lu harus cobain sob. aernya barang kali maniss.


Sedikit kegantengan gw yang di abadikan lewat handphone android






Gimana gaya gw yang ini ? udah kaya model endorse an gitu kan? yoiiii HAHAHA

Kapal Ferry nya enak banget yang gw tumpangin ini, ada AC, jasa charger juga ada, ada monitor buat nonton film. toiletnya bersih. Beh pokoknya mantep. Untung kagak dapet jackpot (kesialan) kapal alakadarnya. Dari pelabuhan padangbai menuju ke pelabuhan lembar Lombok itu memakan waktu sekitar 4 jam.

Akhirnyaaaaaa brooooooo, sampai Lombok. makkkk ane udah sampai Lombok mak. Suatu kebanggan tersendiri bisa menginjakan kaki di tanah surganya indonesia yang cantik ini tapi masih cantikan kenangan kita sih *haduhh. 



Udah sampai ke Pelabuhan Lembar, langsung cari kendaraan yang bisa nganterin gw sama si pink ke Senggigi, karena gw udah pesen penginapan di sono. Oke, akhirnya gw sama si pink dengan sebuah keluarga (gw lupa nama bapaknya) patungan untuk naik mobil avanza, Keluarga baik hati tersebut turun di Mataram, sedangkan gw turun di Senggigi. Kenapa gw bilang baik hati ? karena udah membantu perekonomian negara 2 mahasiswa asal bandung ini. Kan harusnya biaya kendaraan nya itu kalau sampai Mataram 100rb, kalau sampai Senggigi 170rb. Nah gw sama si pink kan sampai Senggigi jadi lebih mahal. Nah, distulah bapak keluarga baik hati tersebut bantuin kita. keluarga beliau membayar kalau gak salah 100rb jadi gw sama alan tinggal bayar 70rb.

Oh ya sekedar info, di Lombok bro jangan ngarepin bisa naik angkutan umum. Itu kaya elu berharep nikah sama pevita pearce, gak munkin kan? sama. Kenapa ? karena di Lombok itu sangat amat jarang sekali angkutan umum. Kalau dari Pelabuhan Lembar mau ke kota mataram atau kemana pun, biasanya ada nyewain jasa antar pake mobil. Kalau lu sendiri, atau orang dikit mending cari orang lain biar patungan jatuhnya murah. Banyak kok yang nawarin begitu lu keluar dari pelabuhan. Jangan mau di kasih harga mentah bro. Tawarrrr aja. gw awal dari pelabuhan ke Mataram di patok tarif 180rb gw tawar 100rb mau dia.

Akhirnya tiba di peristirahatan pertama di La Casa Homestay Senggigi, Lombok sekitar jam 1 siang wita. Gw pesen pas tahun 2015 dengan harga 120rb/sehari selama 3 hari jadi total 360rb via Agoda.com. kenapa agoda.com? karena channel agoda tuh udah seluruh dunia. biasanya juga murah - murah. Lebih murah dari pada traveloka ataupun booking.com. Ketika tahun 2016, gw cek ternyata harga homestay nya udah naik jadi 135rb/sehari.

Sedikit foto yang menggambarkan suasana homestay



Ini yang gw pesen homestay tanpa AC. yaa maklum lah harga segitu pake kipas angin aja udah alhamdulilah. Bagi lu yang gak kuat panas dan punya kocek lebih, gw saranin pesen penginapan yang ada AC nya. Lombok itu panas dan gerah, asli gw gak bohong. gw aja nyuci baju terus gw jemur di dalam kamar sehari doang kering.

Kekurangan dari homestay yang gw tempatin yaitu ada anjingnya. Anjingnya banyak bener, ada 4-6 ekor munkin dan itu gede sob. Bisa nyobek paha lu kalau lu macem macem. Buat gw yang belum terbiasa, awalnya emang takut, tapi hari hari berikutnya karena udah terbiasa jadi slow gw.

Waktu di homestay tersebut, gw berasa kaya di paris. Mercy mercy mercy sir. kenapa ? isinya kebanyakan orang perancis semua. Dan kebanyakan gak bisa bahasa inggris bisanya bahasa perancis. waduhh sebenernya gw pengen ngobrol - ngobrol sok asik gitu. tapi semenjak lulus SMA gw kagak pernah nyentuh yg namanya bahasa perancis.

Setelah tiba di homestay, gw sama si pink istirahat bentar sampai sore. Ketika tiba sore sekitar jam 5 lebih, gw sama si pink pergi ke pantai senggigi untuk liat sunset. Ketika sampai gw terkejut, kenapa ? karena kaya es cendol pantainya. Rame banget sobb, padahal gw kesono udah ngelewatin tahun baru. Sedikit nyesel sih. Tapi ya mau gimana lagi. Biasa sob penyesalan selalu dateng di akhir yoiii.

Sedikit cekrek cekrek gw saat di pantai Senggigi,Lombok




Caem kan? yoiii, Hafian Kamal bro (berharep sodaraan sama Titi Kamal tapi gak kesampaian)

Masih penasaran kan gw ngapain aja di Lombok ?
Mau gw kasih tips tips nya lagi ?
Mau gw kasih rincian harga lengkap gw habis berapa duit ke Lombok ?
Mau gw kasih ramalan jodoh di masa depan? jangan tanya ke gw, ke joko bodo aja
Sloww pantengin aja terus blog gw, gw bakal update lagi nanti

Stay tune broo.

Baca juga bro Liburan ala Backpacker ke Lombok PART2


Share this:

CONVERSATION

11 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ecieeeee iyan! Semangaat. Keren laah. Itu tapi tolong fotonya ya di kontrol mukanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. muka udah di kontrol kok, cuman hati yang belum bisa di kontrol *eh

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. PRAGMATIC WHITE FINE CARTRIDGE | TITIAN ART
    ‎HOTEN GARDEN · titanium cerakote ‎MATERIALS titanium nitride coating service near me · ‎GARDEN · samsung watch 3 titanium ‎NINTENDO · ecosport titanium ‎TOTAL samsung watch 3 titanium

    ReplyDelete