image1 image2 image3 image4 image5

HELLO I'M HAFIAN KAMAL|WELCOME TO MY BLOG|ALL ABOUT TRAVELING|STORY|REVIEW|AND MANY MORE| OJO LALI SHARE YO

FAQ - Telkom University

cr : wpbeginner.com

Oit oit oit oitttttttttttttttttttt
Assalamualaikum wr.wb bro

Gila gila gila, udah ada jutaaan calon mahasiswa telkom pada nge-pm gw. Sempet pusing juga bacanya. Line gw sampe memohon pengen ganti HP saking lemotnya. Pertanyaan yang terlontar pun macem - macem. Ada yang pertanyaannya receh abis, sampe yang berbobot.

Gini aja deh, sebelum lu pada nge-pm (japri) gw, mending lu liat dulu ringkasan pertanyaan mainstream yang biasa ditanyaan calon mahasiswa telkom university beserta jawaban dari gw. Okey ? sikatttt.

Camaba : Calon Mahasiswa Baru
Gw : ya gw sendiri lah. 


cr : telkom.co.id/assets
Camaba : Kak, lulusan tel-u dijamin langsung masuk kerja di perusahaan telkom gak ?
Gw : gak dek. Please sekarang udah universitas telkom bukan STT Telkom (kedinasan), tolong lah mengerti wahai bidadari ku yang cantik. (merasa tersayat hati kalau ada pertanyaan gini). Memang ada beberapa yang langsung masuk perusahaan telkom, tapi bisa gw katakan munkin sekitar 5% dari satu angkatan di jurusan itu karena kuliah bener (IPK bagus, lulus cepet, dll). Sisanya ? yaa cari kerja sendirilah. Andaikan masuk perusahaan telkom, ya itu karena usaha dan kerja keras bocahnya. Banyak temen gw yg IPK pas pas an masuk telkom group. Tapi gw denger" lulusan tel-u di prioritasin 50% di rekrutasi perusahaan telkom group. Gak tau sih ya itu bener atau gak. Cuman dapet kabar burung aja dari senior. yaaa semoga aja bener #CMIIW. Intinya ubah pandangan lu. Kalau lulus kuliah dari tel-u tuh gak langsung kerja di perusahaan telkom.


cr : bangsaku.web.id
Camaba : Kak, prospek kerja paling bagus di tel-u untuk kedepannya jurusan apa ya ?
Gw : Ubah mindset lu dek, ini tuh cari jurusan buat kuliah buat masa depan lu, cari yang sesuai sama passion lu sama hobby lu, bukan berdasarkan jurusan terbaik buat kerja. STOP ngomongin kerja. Lu pada baru mau lulus/udah lulus SMA. Gak usah pikir panjang" masalah kerja ntar, ya syukur kalau jurusan yang lu pengen sesuai sama passion dan ternyata prosespek kerjanya bagus. Kecuali untuk jurusan" sakral, kayak kedokteran, ya jelaslah lu harus kuliah kedokteran. Sebenernya pengen gw bahas pertanyaan ini jadi 1 post blog, tapi gampang ntar menyusul. Pokoknya gini, dimanapun lu berada, lu mau pilih jurusan sejelek apapun, itu yang nentuin nasib hidup ya lu sendiri. Gali passion /hobby lu apa, terus baru cocokin ama jurusan yg lu pengen ada gak di tel-u. Kalau gak ada ya carilah di luar tel-u, gak usah maksain banget di tel-u. Disuruh orang tua masuk tel-u ?  yaelah, orang tua lu juga ntar meninggal, mau gak mau lu harus punya pilihan sendiri nanti kedepannya. Terserah lu mau anggep gw durhaka atau gak, tapi kalau gw lebih mengedepankan diskusi sama orang tua. Jangan saran orang tua lu telen mentah". Searching di internet mana jurusan yang lu banget. Ntar giliran nilai kampus jelek, lu rengek" karena salah jurusan. Itu udah telat bego. btw coba dah lu baca dulu postingan gw yang ini http://hafiankamal.blogspot.com/2016/03/lu-salah-jurusan-sama-om.html . Ada beberapa contoh kasus dari sodara cewek gw, gak semua orang yang kerja pertamina bahagia, padahal udah di gaji gede. So, jangan mentang" kalau lu ntar kerja di perusahaan bonafit terus lu bahagia. Kebahagian gak cuman melulu masalah uang yang lu dapet. Menurut gw puncak dari kebahagiaan adalah lu bisa jadi diri lu sendiri, bisa sukses dengan jalan lu sendiri, dengan passion lu sendiri. Kalau lu nekunin passion/hobby lu, percaya sama gw, kerja tuh ntar rasanya kayak main. tapi kerjaan lu ngehasilin produk yang bagus banget, ya karena lu kerja dari hati.


cr : .malesbanget.com
Camaba : Kak, aku keterima di jurusan teknik informatika lewat jalur raport, tapi aku pengennya ke teknik industri. Kira" mending ambil atau gak ya kak informatika nya ?
Gw : sebenernya di pertanyaan lu udah ada jawabannya. yaaa tinggal aja lah informatika. Ngapain diambil kalau lu lebih seneng teknik industri. Sebenernya udah gw jabarin juga jawabannya di pertanyaan sebelum ini. Yaaa intinya follow your passion aja. Misal, lu gak ambil informatika padahal udah keterima di tel-u ? yauuudahhh, tinggal daftar lagi jurusan yang lu pengen. Jalur seleksi di tel-u masih banyak, belum yang ptn, Banyak banget. Masak gitu aja udah nyerah. Lemah kali kau ini.


cr : pedidikanindonesia.com
Camaba : Kak, di tel-u ada beasiswa gak ?
Gw: Buanyaaaakkkk sekale dek. Gini gini gini, sebenernya kalau lu udah kuliah ntar, beasiswa tuh gak cuman dari kampus aja, dari pihak swasta (perusahaan), organisasi, pemerintah dan institusi lain juga ada. Jadi pinter" lu aja cari info tentang beasiswa. Di internet banyak, atau bisa tanya langsung sama pihak kampus ntar. Yaa klo saran gw sih, kalau lu ngebet amat beasiswa, ntar pertahanin IPK lu minimal 3.25 lah amannya.



cr : ityoogo.com/images
Camaba : Kak, aku udah daftar JPA (raport) tapi lupa input pilihan 3, gimana ya kak ?
Gw: Sorry banget, buat pertanyaan semacem kayak gini gw gak bisa jawab. Ini udah teknis pendaftaran banget dan gw gak ngerti masalah gituan. Gw spesialis sharing pengalaman selama kuliah, kalau masalah beginian mending lu tanyain ke bagian telkom langsung.
cr : smb.telkomuniversity.ac.id



cr : pictame.com/user/smbtelkom/1707177345
Camaba : Kak, aku gak keterima jalur JPA (raport) tel-u, kira - kira tel-u ada jalur masuk yang lain gak ?
Gw : Ada, Buanyak banget. Gw sebutin jalur seleksi yang tahun gw ya, kalau gak salah 2013. Gw sebutin sekalian tingkat kesulitannya dari mulai jalur seleksi yang paling sulit buat masuk sampai yang paling gampang. 
1. JPA (raport) beasiswa / JPPAU (Ujian tulis beasiswa), nah ini nihhh. jelasss lah jadi nomor 1 tingkat kesulitannya. Gw udah pernah nyobain test jalur ini, yaa soalnya kurang lebih samalah kayak sbmptn. udah soalnya sulit, saingannya behhh. Yang keterima juga dikit. Yaa lengkap sudah. 11:12 sama sbmptn lah. Tapi kalau lu lolos dari seleksi jalur ini, lu bisa dapet beasiswa full sampe lu lulus ntar, yaa tetep dengan beberapa persyaratan yang ditentuin, kayak IPK minimal dan lain lain. Seleksi ini biasanya di selenggarain di tengah" jalur seleksi yang lain kayak JPA (raport), atau UTG, dll (jadi bukan yang pertama). Tetep pantengin aja website smb.telkomuniversity.ac.id , berharap aja ada. Biasanya yang lulus dari jalur ini, otaknya auto IPK diatas 3.25.

2. JPA (raport) reguler, paling sulit karena hampir semua SMA masuk telkom buat "cadangan". yaa termasuk SMAN 3 Semarang, SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 8 Jakarta, dan sma sma monster lainnya. Tapi pas zaman gw, gw kan daftar via raport gak ketrima tuh, pas liat daftar anak" yang keterima via raport, banyak anak dari sma sma monster di Indonesia pada keterima. But ironinya, ketika gw udah masuk tel-u dan kuliah, hampir gw bilang 80% anak yang keterima dari list itu yang sma monster pada gak ada. Ya jelaslah mereka keterima snmptn/sbmptn/um. So, makannya menurut gw jalur raport tuh susah, apalagi kalau lu milih jurusan kayak Teknik Telekomunikasi, wahh yaa doa aja yang kenceng.

3. JPA 2 (raport) reguler, sama kayak pembahasan gw diatas. Bedanya ini lebih gampang karena munkin orang udah mager buat nyoba lagi atau udah fokus ke PTN. 

4. UTG 3 (ujian tertulis) reguler, sebenernya seleksi masuk ini tuh antara ada dan tiada. Maksudnya apa tuh? Gini, jadi UTG 3 ini tuh kadang di adain sama tel-u, kadang gak ada. Kalau gak salah zaman gw ada UTG 3, karena temen gw masuk lewat jalur itu. Terus pas ditahun berikutnya, eh ilang gak ada UTG 3. UTG 3 ini biasanya diselenggarain cuman di tempat" terpilih, biasanya di SMK Telkom, atau langsung di kampusnya tel-u. Dan diselenggarain mepet" akhir pendaftaran seluruh jalur masuk seleksi di tahun tersebut. Jadi ya wajar, ketika misal lu gak masuk smnptn/sbmptn/um yaa pasti pilihan terakhir nyoba UTG 3.

5. UTG 2 (ujian tertulis) reguler, ya kurang lebih sama kayak UTG 3. bedanya UTG 2 lebih duluan dari pada UTG 3 (ya jelas lah).

6. UTG 1 (ujian tertulis) reguler, nah ini nih. yang menurut gw jalur seleksi yang paling hot buat gw. Gw juga masuk tel-u dari jalur seleksi ini. Kenapa gw sebut hot ? yaa karena gampang masuknya. UTG 1 biasanya di selenggarain setelah JPA (raport) yang pertama. So, gw yakin anak" sma yang lain yang gak keterima di JPA (raport) udah mager tuh daftar UTG 1, dan so pasti lagi fokus buat ngejar PTN. Yaaa josss. Menurut gw ini jalur seleksi ter klop lah. Udah masuknya gampang, biaya kuliah pun masuknya yg reguler (bukan kayak USM).

7. USM 2 (raport) khusus. nahhhhhhh. lu tajir ? bingung buang duit kemana ? kemampuan otak biasa aja ? tapi pengen ke jurusan yang susah? cocok lu masuk lewat jalur ini. Apa yang bedain jalur ini sama jalur seleksi yang lain ? ya jelas sumbangan nya lah. So pasti, USM lebih gede sumbangan dari pada jalur seleksi yang lain. Penasaran sama biaya sumbangannya ? cek sendiri di smb.telkomuniversity.ac.id . 

8. USM 1 (raport) khsus, kenapa lebih gampang USM 1 dari pada USM 2 ? karena orang tajir yang bingung duitnya mau dibuang kemana, lagi berusaha masuk ke PTN di waktu pendaftaran USM 1. karena gw yakin banget, waktu pada daftar USM 2, itu buangan yang gak keterima di PTN (smnptn/sbmptn/um). Kayak dulu zaman gw USM 1 jadwal ujiannya pernah bentrok deh sama UM PTN mana gitu gw lupa #CMIIW. So, bokap lu punya kapal pesiar ? punya rumah di meikarta ? atau punya pulau di papua ? Silakan masuk USM 1. Kalau lu gak masuk lewat jalur ini, sumpah kebangetan. hmmm, tapi gw curiga. kayaknya semua yg daftar USM 1 ketrima deh, ya karena sumbangan nya gede beut #CMIIW.

Nah buat jalur raport atau tertulis khusus SMK, sama Jalur CBT (Computer Based Test), gw kurang ngerti teknisnya gimana. Karena gak pernah tau tipe soalnya gimana, apalagi tingkat kesulitannya.

Jalur seleksi diatas ada pas zaman gw, ya sekitar tahun 2013. Munkin klo sekarang yaa beda" dikitlah. Munkin kurang lebih sama.


cr : anaktelkom.com/wp-content/uploads/2015/10/Depan-FIK.jpg
Camaba : Kak, kalau jurusan desain interior bagus gak di tel-u ?
Gw : FYI (for your information), tel-u tuh kalau menurut gw spesialisasinya dibidang teknologi. ya jurusan teknik emg yang bagusnya. Kalau jurusan fakultas industri kreatif (seni) ? nope. mending FSRD ITB, atau ITENAS dari pada telkom. hmmm munkin lu bisa baca sedikit riset gw tentang fakultas seni ini di http://hafiankamal.blogspot.com/2017/07/telkom-university-tuh-akreditasi-bener.html . Jawaban ini per bulan Oktober 2017 ya. Kalau misal ntar akreditasi jurusan seni jadi bagus kedepannya, turut seneng gw. Cuman kalau untuk sekarang sih, mending cari kampus lain aja yang jurusan seninya lebih bagus.  


cr : previews.123rf.com
Camaba : Kak, kan kakak kuliah di jurusan informatika, boleh dong kak kasih tau pelajaran apa yang dipelajarin di informatika sama tips trik nya.
Gw : Dek, gw aja masuk informatika salah jurusan. Please jangan ngomongin teknis jurusan informatika ke gw dong. radak sakit euy. curhatan gw http://hafiankamal.blogspot.com/2016/03/lu-salah-jurusan-sama-om.html


cr : cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news
Camaba : Kak, aku masuk jurusan Ilmu Komunikasi, test tulisnya ada pelajaran IPA nya gak ?
Gw : Saran gw sih mending lu pantengin web smb.telkomuniversity.ac.id . Soalnya kebijakan tiap tahun bisa jadi beda. Dari pada gw salah ngomong. 


cr : www.youthmanual.com
Camaba : Kak, aku masuk jurusan internasional nih, emang bedanya sama reguler apasih ?
Gw : Duit, ya jelaslah. Temen" kelas lu pasti orang tajir. Kalau dari segi kualitas ? atau pengajaran ? yaa setau gw gak ada bedanya. Cuman beda kelas ada AC + bacot di kelas pake b.inggris. Dah itu aja. Jujur aja gw banyak menerima keluhan dari temen gw anak internasional. Nyesel dia gak ambil reguler. Karena menurut temen gw, sama aja sebenernya. Lagi pula kalau lu dapet dobel degre, ya lu harus bayar lagi untuk kuliah diluar negeri. Itu diluar bayar SPP yang bisa bayarin lu umroh. Sumpah kalau lu dari keluarga manusia yang biasa biasa aja, please tinggalin jurusan internasional. Mahal bettt. Kecuali otak lu encer dan dapet beasiswa, ya monggo #CMIIW



cr : youtube.com/watch?v=pFkhxFbnlQs
Camaba : Kak, kuliah di teknik susah gak sih ?
Gw : Susah sih relatif, kalau lu seneng juga lu pasti enjoy. Kalau tukang reparasi mesin cuci, disuruh reparasi mesin cuci ya bakal enjoy enjoy aja dia. Tapi kalau tukang reparasi mesin cuci lu suruh reparasi mobil bokap lu, ya loncat" kepanasan. Memang kenyataan di lapangan, anak teknik lebih strong dari pada anak jurusan lain. Karena emang jadwal kuliah + tugas + praktikum + organisasi padet banget, apalagi semester semester awal. Tapi ada point + nya, Lu bakal punya pola pikir yang bisa gw katakan lebih "berani" dari pada anak non teknik. Semua balik lagi keputusan ada ditangan lu. Kalau mau santai hidup, silakan ambil ekonomi. Kalau pengen strong silakan ke jurusan teknik. 


cr : kompasiana.com
Camaba : Kak, duit sumbangan tel-u yang berjuta juta itu bisa dicicil gak ?
Gw : pas zaman gw 2013, bisa. Gak tau sekarang. Mending lu hubungin pihak kampus langsung untuk kepastiannya. Kalau udah dapet kepastian kan enak, ya gak ?



cr : dormitory.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2014/07/asrama.jpg
Camaba : Kak, Asrama wajib setahun ya ? Kalau mau gak Asrama bisa ? 
Gw : iya wajib setahun. Setau gw gak bisa klo sekarang. Wajib asrama semua. Gw dapet info juga kayak gitu dari ketua "kakak pembimbing asrama". Kalau pas zaman gw sih bisa. Duit asrama bisa dikembaliin lagi.


cr : anisanurezky.blogspot.co.id/2016/07/satu-tahun-di-asrama-putri-telkom.html
Camaba : Kak, kalau udah setahun di asrama bisa lanjut asrama lagi gak ?
Gw : Bisa, ntar jadi apa gituu gw lupa namanya. pokoknya biasa gw sebut "kakak pembimbing asrama". Ntar ada syarat dan ketentuan tertentu.


Dari pertanyaan dan jawaban gw segitu, lu masih bingung sesuatu ? Busetttt
yaudah, monggo tanyain aja via LINE Chat, ID LINE : ianh13
Sorry yak kalau slow response. Tolong dong jangan nanyain lagi pertanyaan yang udah gw tulis di blog. Bukannya gak mau bales, cuman capek bro ngetik panjang di HP. Makannya gw jabarin di blog supaya lebih detail. Jangan males baca ya.

Oh ya, sama gw minta tolong banget dong support nya dari kalian semua. Sekarang gw lagi jalanin usaha Distributor Biji Kopi, follow aja instagramnya di @kopi_bdg . Siapa tau kan ada yang punya usaha coffeeshop atau doyan kopi, bisa langsung aja kontak gw hehehe.
ada juga usaha konveksi pembuatan baju, jaket, jersey, dll, follow aja instagramnya di @brotherkonveksi
Sebentar lagi juga mau buka usaha dibidang kuliner. Minta support dan doa nya supaya diberi kelancaran ya, aminnn :)

Oke sekian bacotan gw kali ini, semoga lu semua diberi kelancaran ketika mau masuk Telkom Unviersity ya, aminn


Share this:

CONVERSATION

36 comments:

  1. Kak, gue udah lulusan 2015 apa tahun depan gue bisa ikut utg kak?

    ReplyDelete
  2. Kak, kalo jurusan karya tekstil dan mode itu gimana kak? Bagus tidak? Di mulai dari labnya, prospek mata kuliahnya dan lain-lain. Mungkin saja kakak mengetahui sedikit tentang ini. Karena apa yang tadi kaka bilang untuk desain interioryaa. Itunkan sama sefakultas dengan karya teksil dan mode yaa. ?
    Terimakasih kak ya info yang di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Fakultas Industri kreatif Telkom University seluruh jurusannya udah akreditasi A semua #CMIIW

      sekarang tinggal balikin ke lunya aja
      suka nya apa dlu ?
      jangan jauh jauh ngomong prospek kerja dulu, kerja mah ngikutin skill apalagi dibidang seni

      Delete
  3. Gua baca ini tahun 2019, ada yang senasib?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Kak kalau aku mau masuk tel-u kira" supaya diterima input SDP2 nya + brp juta ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seminimal munkin aja, coba" aja
      1 jt gak bisa, 2 juta gabisa, 3 juta gak bisa dan seterusnya
      jangan banyak"

      Delete
    2. Banyaknya SDP ngaruh ke keterima atau gk kah?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Ka klo jurusan Sistem Informasi gimana menurut kakak? Katanya SI sama TI ngga beda jauh2 amat, cmn klo SI lebih ke bisnis2 gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. balik lagi ke diri masing" lu sukanya apa ?
      sukanya gimana ?
      jangan jauh" prospek kerja
      yg penting lu maunya gimana dulu nih ?

      Delete
  7. Kak, kalo daftar lewa JPU telkom kan katanya dapet beasiswa, itu beasiswa full/gimana? Terus syarat biar terus dapet beasiswa apa aja kak? Ohh iya dapet ipk 3,5 an itu susahnya bagaikan apa wkwk

    ReplyDelete
  8. Menurut pandangan kaka jurusan ICT Di telkom seperti apa?

    ReplyDelete
  9. Bng ada ujian keterampilan nya gk?

    Soalnya gua pengen masuk seni rupa bng....

    ReplyDelete
  10. Kakak makasih infonyaaa. Aku mau nanya dong (semoga dijawab) waktu jaman kakak utg 2 dilaksanainnya kapan ya? Dan kira2 gampang ga sih masuknya kalau reguler? :(

    ReplyDelete
  11. bang, di telkom itu peraturannya ketat banget ga sih?

    ReplyDelete
  12. bang lu dulu nilai rapot kira2 rata2 berapa?83 keatas ada?

    ReplyDelete
  13. Akuntansi telyu recomended ga kak?

    ReplyDelete
  14. kalau bpp bisa di cicil gak ya?

    ReplyDelete
  15. Kak, rata² nya waktu ga ketrima jalur JPA berapa ya kalo blh tau??

    ReplyDelete
  16. Kak..saat ini Tel-U buka pendaftaran jalur utbk, apa kesempatannya lbh besar drpd jalur lainnya?

    ReplyDelete
  17. rata rata di terima di telkom nilai raport nya harus berapa bng?

    ReplyDelete
  18. Kak setelah lulus jpa 1 apa yg harus dilakukan kak? Pembayarannya yg harus di bayar apa?

    ReplyDelete
  19. Kak setelah lulus jpa 1 apa yg dilakukan selanjutnya kak? Dan apa yg harus di bayar?

    ReplyDelete
  20. Kak setelah lulus jpa 1 apa yg dilakukan selanjutnya kak? Dan apa yg harus di bayar?

    ReplyDelete
  21. Bang kalo linjur gimana? Gua anak mipa tapi mau ambil ekonomi, ribet ga si?

    ReplyDelete
  22. Kak kalo mau masuk jalur jpa 1 jurusan ilmu komunikasi minimal nilai rapotnya berapa?

    ReplyDelete